Eksotiknya Lantai Tegel Kembali Menjadi Primadona

Dilihat 3931 kali
TEGEL MOTIF. Winarno menunjukan tegel motif karyanya, yang mulai kembali diminati untuk memperindah interior dan eksterior rumah dan bangunan.

BERITAMAGELANG.ID - Lantai tegel kembali menjadi primadona. Saat ini lantai tegel mulai bangun dari tidur panjangnya, dan mulai dilirik untuk eksterior dan interior rumah, karena lebih eksotik dan membuat hunian lebih adem.


Jika ditarik mundur ke beberapa dekade lalu, lantai tegel menjadi primadona untuk mempercantik lantai rumah. Kemudian munculnya lantai keramik yang lebih berkilau sempat menggeser popularitas lantai tegel. Hingga banyak pabrik lantai tegel tutup produksi.


"Banyak yang tanya tempat yang menyediakan lantai tegel, karena kesulitan mencari lantai tegel. Hal itu yang menjadi latar belakang saya tujuh tahun lalu, berani melangkah memproduksi lantai tegel, baik lantai tegel polos maupun lantai tegel motif," ucap Konsultan Interior Rumah, Winarno, pemilik Win Art Solution.


Winarno asli Ngampel, Sengi, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, saat ini berdomisili di Perum Pesona Kayangan Babadan (PKB) Blok D 62 -63, Jln. Magelang Km 22 Babadan, Jumoyo, Salam, pernah bekerja di retail building material, mengatakan, banyak permintaan tegel motif dan tegel jenis lainnya.


"Tegel motif yang sedang naik daun, karena mampu meningkatkan pamor ruangan. Tidak harus rumah bertema clasic, jadul atau rumah era kolonial. Tetapi rumah dengan tema modern minimalis pun cocok menerapkan lantai tegel motif, yang jelas tampil beda dan elegan," papar Winarno.


Menurut Winarno, tegel motif produksinya, dibuat secara manual dan handmade, hal itu yang membuat tegel motif harganya lebih tinggi dibanding produk pabrikan seperti keramik lantai atau granit.


"Tegel diproduksi satu persatu karena handmade. Meskipun harganya permeter persegi lebih mahal daripada keramik lantai, namun produk saya lebih murah jika dibanding produk tegel motif lain, karena saya produksi sendiri," papar Winarno, yang mempunyai workshop tempat produksi tegel di Ponggol Muntilan Kabupaten Magelang.


Tegel motif produksi Winarno mempunyai corak yang beragam, mulai dari corak seperti batik, ada pula yang polos, ada tegel khusus kamar mandi (tegel badak) dan ada tegel khusus difabel.


"Untuk tegel motif dan polos banyak dipesan hotel, kantor, tempat wisata, ada pula pabrik gula di Kendal Jawa Tengah, yang menyesuaikan tegelnya dengan tegel motif era kolonial, karena memang bangunan Belanda.


Adapun tegel untuk difabel, banyak yang dipesan oleh Dinas Tata Kota, untuk keperluan lantai trotoar. Selain itu motif tegel bisa di custom warna sesuai selera konsumen," papar Winarno, yang produknya telah menjangkau hingga Bekasi, Tuban, Malang, Manado dan daerah lainnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar