Karnaval Pertanian Desa Dukun Disambut Antusias Warga

Dilihat 7601 kali
Salah satu peserta Karnaval Dari dusun Tegalsari Desa Dukun Kabupaten Magelang memperagakan Dewi Sri atau lambang kemakmuran petani

BERITAMAGELANG.ID - Karnaval mengangkat tema pertanian digelar dalam Gelar Budaya dan Potensi Desa Dukun kecamatan yang sama, Kabupaten Magelang, Minggu (29/9). Karnaval yang diselenggarakan setiap tahun dengan tema berbeda tersebut, cukup menarik perhatian masyarakat.

Kepala Desa Dukun Tanto Heryanto mengatakan tahun ini karnaval mengambil tema pertanian, menempuh jarak kurang lebih satu kilometer dan finish di lapangan desa setempat.

"Karena di bulan September ini ada hari tani jadi kita mengambil tema pertanian," ungkap Tanto.

Karnaval ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas berkah serta rezekinya terkait dengan pertanian.

"Tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Tani Indonesia," lanjutnya.

Lebih lanjut Tanto juga berharap dengan adanya karnaval tema pertanian ini bisa menjadi ajang potensi dan wisata di desa Dukun.

"Juga bisa membantu ekonomi masyrakat sekitar," harapnya.

Ketua panitia Budi Widodo menambahkan, selain karnaval budaya, sebelumnya juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan mengambil tema "Dukun Hambabar Budyo Wurono Sasi Mancat Kridaning Hamong Tani".

Jumat (27/9) dilaksanakan senam sehat masal dan beberapa kesenian, dilanjut gebyar rebana pada malam harinya. Sabtu (28/9) ada kesenian jugadan, malamnya menghadirkan ketoprak perangkat desa Dukun.

"Pagi ini karnaval budaya pertanian juga menghadirkan stand-stand dari setiap dusun di desa Dukun dan juga lomba masakan tradisional," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar