Komunitas Kali Sileng Gelar Bersih Sungai dan Tanam Pohon

Dilihat 2001 kali
Baksos penanaman pohon di tepi sungai Progo

BERITAMAGELANG.ID - Komunitas kali Sileng bersama PT Meccaya mengawali Merti Karuna dengan kegiatan baksos berupa penanaman pohon dan bersih-bersih di tepi Sungai Progo, Brojonalan Borobudur, Kamis (1/6/2023). 


Rikki dari PT Meccaya mengatakan, Merti Karunan dilaksanakan menjelang Trisuci Waisak 2567 BE/2023 .


Baksos juga diikuti artis ibukota  Ferry Salim dan MUNI. 


“Ini merupakan bentuk kepedulian kami dalam melestarikan sungai Progo dan sungai sungai di Indonesia, agar selalu dijaga bersama sama dan dilestarikan untuk anak cucu kita," kata Rikki. 


Ferry Salim berujar, sungai Progo menjadi urat nadi dalam membangun sebuah peradaban, sehingga kita semua harus menyayangi dan mencintai alam.


Selain bersih sungai, juga dilaksanakan donor darah di pelataran candi Pawon. 


Komunitas Kali Sileng melanjutkan kegiatan dengan menanam pohon vetiver di pinggir sendang Brojonalan. Komunitas yang berdiri sejak 2021 ini merupakan salah satu komunitas yang fokus di bidang lingkungan hidup di Kabupaten Magelang khususnya di Kecamatan Borobudur utamanya Kali Sileng yang hulu dan hilirnya berada di kecamatan Borobudur.


Isu lingkungan hidup terutama mata air yang menjadi hulu sungai selama ini dirasa kurang mendapatkan perhatian masyarakat dan instansi, oleh karena itu momen kerja sama  digunakan untuk menyuarakan sebuah hal positif memotivasi kalangan muda untuk menjaga lingkungan bersih dan menjaga mata air di Borobudur.


Ketua komunitas Kali Sileng, Lukman Mudasir menambahkan, kegiatan bersih kali Progo dan penanaman pohon ini sebagai kebangkitan peradaban menuju kedaulatan desa Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar