Menghadapi Lebaran Harga Ayam Merah Naik

Dilihat 1621 kali
menjajakan ayam merah di bandongan

BERITAMAGELANG.ID-Ayam petelur afkir yang dikenal sebagai ayam merah oleh sebagian warga dipandang sebagai bahan pangan yang murah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. 


Tak pelak mendekati lebaran tahun 2024 ini, harga ayam merah di Bandongan naik drastis. Pantauan beritamagelang.id di beberapa titik penjualan di Bandongan, harga ayam afkir pada H -1 rata rata adalah Rp 70 ribu per ekor. Padahal seminggu sebelumnya harga ayam jenis ini masih Rp 60 ribu per ekor.


"Harga pas Rp 70 ribu per ekor. Tidak bisa turun. Saya ambil untung hanya sedikit," ujar seorang penjual ayam afkir di depan Pasar Pemerintah Kabupaten Magelang di Bandongan saat seorang pembeli menawar dengan harga yang lebih rendah.


Padahal seminggu yang lalu harga ayam merah masih Rp 60 ribu per ekor. "Maklum prepegan jadi harga naik semaunya sendiri," ungkap Karim.


Kenaikan harga ayam afkir itu dikeluhkan banyak pembeli. Namun demikian harga ayam jenis ini masih dirasakan lebih terjangkau dibanding dengan jenis sembelihan yang lain.


"Memang ayam merah tidak seenak ayam kampung atau itik tetapi harganya jauh lebih murah. Kemarin, saya beli ayam jago per ekor harganya Rp 200 ribu," ungkap Hadi.


Seolah mengamini ungkapan Hadi, Nurul berujar harga itik jantan di Pasar Bandongan di atas Rp 250 ribu


"Tadi pagi saya nawar seekor entok jantan di Pasar Rp 250 ribu, tidak diberikan," jelasnya.


Karena mahalnya harga unggas itu maka ayam petelur afkir dirasa menjadi pilihan yang terbaik bagi merekan. Darpada ayam potong lebih memilih ayan merah, sayang harganya naik. Tapi mosok iya saat lebaran yang hanya setahun sekali tidaknya punya lauk, komentar karim.


"Bagi saya lebih milih ayam merah. Utuh ada dada, brutu, paha. Boleh jadi ayam potong lebih murah, tapi seragam sayap atau paha saja," ungkap Neni.


Namun ada saja yang meragukan keamanan ayam merah atau ayam petelur afkir, Namun sebagian besar warga tetap saja merasa aman dan nyaman saat mengkonsumsi ayam merah.


"Kalau saya merasa aman aman saat mengkonsumsi ayam merah, soalnya kandungan nutrisi pakan ayam merah lebih komplit dibanding ayam kampung," jelas Nurul. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar