Operasional Mata Air Ndas Gending Didukung Mesin Pompa

Dilihat 2325 kali
Letak tiga sistem mesin pompa air di sumber mata air Ndas Gending mencukupi kebutuhan pelanggan air bersih Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Kasubag Produksi dan Pengolahan pada Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, Heru Supriyanto, mengatakan, untuk melayani pelanggan khususnya dari sistem mata air yang bersumber di Ndas Gending, Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan, diperkuat dengan tiga sistem mesin pompa air.


Ketiga pompa tersebut merupakan sistem yang terpisah atau sendiri-sendiri, untuk mencukupi kebutuhan air di desa sekitar Desa Sukorejo, Desa Kalinegoro, Desa Jogonegoro, Desa Bondowoso dan Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan


"Karena letak mata air Ndas Gending di bawah wilayah pelayanan, maka otomatis menggunakan bantuan mesin pompa, agar air bisa dinaikkan. Sebelumnya, hanya menggunakan sistem gravitasi dari sumber lain, hal tersebut menyebabkan pengembangan pelayanan di wilayah Kalinegoro dan sekitarnya tidak optimal," ucap Heru, Rabu (1/3).


Heru mengatakan, berdasarkan pengukuran debit sumber mata air Ndas Gending sebesar 727 liter/detik. Dari besaran debit sumber tersebut, Perumda Air Minum Tirta Gemilang memanfaatkan 47 liter/detik untuk melayani pelanggan.


Sistem pompa terbagi dalam tiga sistem. Sistem pertama mengaliri wilayah Kalinegoro, Jogonegoro dengan jaringan melintas di Dusun Ganjuran. Sistem kedua jaringan pipa melintas di dusun Mrisen dan Dowasan untuk mengaliri wilayah Donorojo dan wilayah pelayanan Sub Unit Banjarnegoro. Sistem ketiga mengairi ke arah Perumnas Kalinegoro.


"Pemanfaatan mata air Ndas Gending saat ini bisa lebih maksimal dengan menggunakan pompa air tersebut," terang Heru.


Selain mata air Ndas Gending, yang dimanfaatkan Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang dengan menggunakan sistem pompa adalah, mata air Kanoman, Tuk Biru, Sempol dan Sumur Dalam Gento.


"Karena lokasi mata air yang berada di bawah sehingga memerlukan bantuan pompa air, ada beberapa mata air yang tersebar di Kabupaten Magelang dengan sistem tersebut," tutur Heru.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar