Pasar Budaya Jadi Sarana Komunikasi Pedagang

Dilihat 1354 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Achmad Husein bersama Forkopimcam Kecamatan Borobudur menghadiri kegiatan Pasar Budaya di Desa Giripurno Kecamatan Borobudur, Jumat (29/7/2022). 


Dalam sambutannya Achmad Husein mengatakan, pasar budaya yang diselenggarakan di Desa Giripurno ini merupakan sarana komunikasi antar budaya sesama pedagang. Pasar merupakan sisi dunia usaha yang mempunyai karakteristik kerakyatan yang lekat dengan dimensi sosial, ekonomi dan budaya.


"Keberadaan Pasar Gayam di Desa Giripurno ini, pada hakekatnya bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bisa memenuhi berbagai keinginan yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup," kata Husein.


Menurutnya, kegiatan ini mempunyai arti penting di samping sebagai upaya melestarikan seni dan budaya lokal, namun juga sebagai wujud perhatian dan kepedulian sosial terhadap pedagang serta dapat terjalin keakraban menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.


"Mari kita jadikan sebagai ajang untuk menjaga dan melestarikan budaya khususnya di Pasar Gayam Desa Giripurno, yang bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata, akan tetapi pondasi paling utama ialah dari masyarakat itu sendiri," ajaknya.


Kegiatan Pasar Budaya di Desa Giripurno ini juga dihadiri oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan pada Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Restu Gunawan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar