Pekan Ini, Gunung Merapi Tunjukan Aktivitas Tinggi, Status Siaga

Dilihat 1098 kali
Kondisi Puncak Gunung Merapi difoto dari Hulu Sungai Bebeng
BERITAMAGELANG.ID - Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitas yang tinggi dalam pekan ini. Tercatat sebanyak 4 kali awan panas guguran terjadi ke arah Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2.200 meter. Peristiwa tersebut terjadi dalam kurun waktu 3 sampai dengan 9 Desember 2021.

Selain itu juga teramati terdapat guguran lava pijar mengarah ke barat daya sebanyak 190 kali, dominan masih ke arah Sungai Bebeng.

"Guguran lava ini dominan masih mengarah ke arah Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," kata Hanik Humaida, Kepala BPPTKG Yogyakarta dalam keterangan rilis, Jumat (10/12).

Selain itu, Hanik juga menjelaskan kubah lava barat daya dan tengah masih terus mengalami pertumbuhan. Volume kubah lava barat daya saat ini sebesar 1.629.000 meter kubik.

"Kubah lava tengah volumenya lebih besar yaitu sebesar 3.007.000 meter kubik. Kedua kubah lava itu dalam minggu ini masih terus mengalami pertumbuhan," jelasnya.

Ketika disinggung terkait intensitas kegempaan, Hanik menyampaikan dalam minggu ini intensitas kegempaan masih relatif tinggi. Bahkan deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan Electronic Distance Measurement (EDM) dalam minggu ini juga menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,5 cm per hari.

"Kita masih tetap pada kesimpulan awal yaitu aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Jadi untuk statusnya masih Siaga sampai saat ini," ungkapnya.

Hanik menyampaikan potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas masih mengarah ke arah barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah Sungai Woro. Dan sejauh 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar