Peringati Hari Kopi International Nangkring Pride Berbagi Ilmu dan Kopi Gratis

Dilihat 1459 kali
Perintan Hari Kopi International pecinta kopi menggekar Nangkring Coffee Pride" atau Festival Kopi Berbagi dan Racik Rasa Kopi Khas Seantero Lereng Gunung di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Hari Kopi Internasional menjadi kesempatan bagi para pecinta kopi di Kabupaten Magelang untuk berbagi kopi gratis dan berbagi ilmu meracik usaha kedai kopi yang efisien.

International coffe day tersebut juga dirayakan pecinta kopi di kedai Nangkring raja ayam dan kopi di Dusun Penggaron Desa Gondowangi Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Mereka beradu ragam rasa racikan kopi lokal khas Magelang.

Salah satu penggiat kopi Magelang Asnawi menuturkan, setiap 1 Oktober, dunia merayakan Hari Kopi Internasional. Untuk itu digelar kegiatan "Nangkring Coffee Pride" atau Festival Kopi Berbagi dan Racik Rasa Kopi Khas Seantero Lereng Gunung. 

Menurutnya, keberadaan kopi telah menjadi tren gaya hidup kekinian. Maka pada moment tersebut beberapa milenial pengusaha, pemuda dan pecinta kopi mengikuti kegiatan diantaranya Ngopi Bareng, Sinau Bareng Gawe Kopi, Pameran Kopi, Live Music, maupun senam. 

"Hari ini bergabung bersama kita, turut membuat suatu aktivitas di bidang kopi, sebagai bentuk memperingati Hari Kopi Sedunia," kata Asnawi Senin (02/10/2023).


Dikatan Asnawi, kegiatan yang dikemas interaktif ini juga sebagai wujud semangat dan dukungan kepada mata pencaharian jutaan petani tanaman aromatic tersebut. Para pengusaha kopi milenial juga berbagi ilmu pengalaman tentang sektor industri kopi. Para peserta dapat mengenal dinamika usaha kopi mulai dari cara meracik, varian kopi, tips peluang usaha serta keuntungannya.

"Tentunya ini merupakan suatu peluang istimewa, dan peluang besar bagi para petani, yang juga ikut datang dari Kopi Merapi-Merbabu, Sumbing dan kawasan Robusta untuk Pegunungan Kelir Grabag," jelas Asnawi.

Produktifitas kopi arabika dan robusta di Kabupaten Magelang sangat melimpah. Hal ini terlihat dari merebaknya berbagai kedai kopi yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Agar lebih spesial merayak hari kopi dunia ini juga disuguhkan seduhan ratusan gelas kopi yang kemudian dibagikan secara gratis ke para pecinta kopi yang hadir.

Sementra itu, salah satu pecinta kopi yang hadir Dey Dewi mengungkapkan banyak ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini, diantaranya mengetahui cara meracik kopi dengan baik, sehingga menambah cita rasa kopi yang dibuatnya.

Sebagai seorang wirastawa, Dey Dewi juga mengaku usai mengikuti kegiatan ini ia mendapat motifasi untuk segera membuka warung kopi.

"Saya wiraswasta buka warung dan ingin belajar dengan kopi untuk buka warung maka kita belajar " ujarnya 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar