PPDB SMA-SMK 2024/2025 : Bertambah Pilihan, Tetapi Saingan Lebih Banyak

Dilihat 2520 kali

SIKLUS pendidikan pada jenjang SMA/SMK, yang diawali dengan penerimaan siswa baru, akan segera mencapai klimak. Ini, mulai 11 hingga 24 Juni 2024, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN memasuki tahap pembuatan akun dan verifikasi berkas dilanjutkan aktivasi akun. Selanjutnya 24-27 Juni 2024 pendaftaran SMA, dan SMK 24-28 Juni 2024. Hasilnya diumumkan pada 1 Juli 2024. Banyak upaya dilalukan agar PPDB sukses, antara lain dengam mengadakan desk.


Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Amirudin Zuhri, SIP., MSi., bahwa "Prakteknya para guru SMP di banyak sekolah secara mandiri (tidak formal) membentuk desk untuk membantu siswa dalam PPDB. Bantuan, utamanya dalam memahami petunjuk teknis penyelenggaraan PPDB, dan mengatasi jaringan internet".


Sukses PPDB SMA/SMK dapat diartikan ribuan lulusan SMP/MTs Kabupaten Magelang diterima studi lanjut ke SMA/SMK Negeri dalam wilayah zonasi. Tersedia pagu 5.825 SMA Negeri, diantaranya 56% berada di Kabupaten Magelang, dan 3.223 pagu di SMK Negeri, diantaranya yang berada di Kabupaten Magelang 39%.


PPDB momentum sangat penting, mengingat banyak target dan sasaran pembangunan yang terkait dengan sukses PPDB, antara lain 1) Penangana Anak Tidak Sekolah (ATS) dimana dalam tahun 2024 ditargetkan 1.000 ATS Kembali sekolah, 2) Pengentasan kemiskinan, dan 3) Peningkatan IPM.


IPM atau Indeks Pembangunan Manusia akan terdongkrak melalui ribuan calon siswa yang studi lanjut di SMA/SMK, khususnya pada komponen "rata-rata lama sekolah" disingkat RLS.


RLS adalah salah satu indicator IPM. Indikator lainnya adalah UHH atau usia hidup harapan, HLS atau haparan lama sekolah dan PPP atau paritas daya beli. IPM untuk mengukur sukses pembangunan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ekonomi.


RLS Kabupaten Magelang saat ini 7,82 atau setara putus sekolah SMP kelas 2 semester 2, maka ribuan calon siswa terdaftar hingga lulus SMA/SMK akan terjadi lompataan RLS mencapai 13 tahun. Lompatan IPM hanya akan terjadi jika ada kerja sama, gotong royong sinergi semua pemangku kepentingan. Antara lain dalam berbagi informasi.


Informasi terkait PPDB 2024/2025 selengkapnya dapat dilihat pada laman resmi https://jateng.siap-ppdb.com, namun untuk sekedar membantu disajikan dalam bentuk ringkasan pada tabel 1 dan 2.


Lima Jalur Menuju SMA Negeri


Tersedia lima jalur pendaftar SMA, yaitu: zonasi reguler, zonasi khusus, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.


Sesuai laman resmi https://jateng.siap-ppdb.com bagi lulusan SMP/MTs Kabupaten Magelang yang ingin studi lanjut ke SMA Negeri dapat mendaftar di SMAN Kabupaten Magelang, di Kota Magelang, di kabupaten tetangga. Bagi yang lanjut ke SMK Negeri dapat mendaftar di SMKN Kabupaten Magelang, di Kota Magelang, dan di SMK Pringsurat Kabupaten Temanggung.


Secara umum melalui pengturan zonasi ini calon siswa dari Kabupaten Magelang lebih diuntungkan, dimana ada calon siswa dari 10 kecamatan terakomodasi, diantaranya calon siswa dari 6 kecamatan terakomodasi di SMA Kota Magelang.


Namun, untuk masuk SMAN Kabupaten Magelang pesaing juga dating  8 kecamatan yang berbatasan dengan Kab. Magelang, diantaranya calon siswa 3 kecamatan di  Kota Magelng.


- Bandongan Tegalrejo


Sesuai tabel di atas, sebagai contoh calon siswa dari Kecamatan Bandongan diakomodir melalui jalur zonasi di SMAN 1 Bandongan dan SMAN 1 Kota Magelang. Namun, bagi yang memiliki bukti prestasi, dapat mendaftar ke sekolah di luar zonasi di atas. Juga bagi calon siswa dari keluarga ekonomi kurang mampu.


Pilihan yang lebih luas bagi calon siswa dari Kecamatan Tegalrejo yang terakomodasi melalui jalur zonasi di SMAN 1 Candimulyo, SMAN 2 Grabag dan SMAN 1, 2, 3, 5  Kota Magelang.


Namun, sebagai wilayah kecamatan dalam zonasi reguler yang belum berdiri satuan Pendidikan/sekolah, calon siswa dari Kecamatan Tegalrejo, diakomodi dengan peluang diterima lebih besar untuk mendaftar di SMAN 1 Candimulyo, dan SMAN 2 & 5 Kota Magelang, melalui jalur zonasi khusus.


Sementara, calon siswa yang memiliki bukti prestasi dan dari keluarga ekonomi kurang mampu dapat mendaftar ke sekolah di luar zonasi di atas. Di sini pentingnya, desk di SMP/MTs mengatur straegi.


- Empat Jalur Menuju SMK Negeri


Tersedia empat jalur bagi pendaftar SMK Negeri, yaitu: afirmasi, prestasi, dominisili terdekat, dan prestasi khusus.



Berbeda dengan SMKN, pagu/kuota pada jalur prestasi lebih besar atau 75% dari daya tampung. Jalur prestasi diperuntukkan bagi calon siswa yang mendaftar melalui seleksi prestasi menggunkan nilai rapor dan bobot nilai prestasi bidang akademik dan non akademik.


Di samping itu diadakan jalur prestasi khusus yang diperuntukkan bagi calon Peserta didik yang memiliki minat/bakat khusus di bidang seni pada program keahlian seni rupa, desain dan produksi kriya, serta seni pertunjukan.


PPDB 2024/2025 membuka kesempatan yang lebih luas bagi lulusan SMP/MTs dan yang sederajat se Kabupaten Magelang yang ingin studi lanjut ke SMAN/SMKN.


Namun, juga mendatangkan yang lebih besar dari lulusan SMP/MTs dari luar kabupaten. Oleh karena itu, harus tetap menjaga semangat berkompetisi atau tiada hari tanpa kompetisi.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar