Tim Gabungan Bersihkan Material Longsor Salaman dan Borobudur

Dilihat 401 kali
Penanganan tanah longsor pada rumah terdampak di Dusun Miriombowetan, Desa Giripurno, Borobudur, Senin (26/2/2024)

BERITAMAGELANG.ID - Laporan terkini yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang pada Senin (26/2/2024) sampai dengan pukul 12.00 WIB menyebutkan terdapat tambahan lima titik lokasi dalam peristiwa tanah longsor yang terjadi di Salaman dan Borobudur, Minggu (25/2/2024).

 

"Dengan demikian data per hari ini total kejadian bencana tanah longsor tercatat 15 titik lokasi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, Senin (26/2/2024).


Adapun tambahan lokasi tanah longsor yang dimaksud antara lain di Dusun Tegalombo I dan Dusun Karangsari II, Desa Ngargoretno, Salaman mengakibatkan lima rumah terancam.

 

Kemudian Kecamatan Borobudur yaitu di Dusun Kerug Munggang, Desa Majaksingi mengakibatkan satu rumah terancam, Dusun Miriombo Wetan, Desa Giripurno, dua rumah rusak ringan, dan Dusun Kesuman, Desa Tuksongo,tiga rumah terancam.


"Sehingga dampak kerusakan yang ditimbulkan menjadi satu rumah rusak sedang, sembilan rumah rusak ringan dan 17 rumah terancam," sambungnya.


Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, Pemerintah Desa, dan unsur lainnya telah berupaya dengan penanganan darurat pembersihan material longsoran di beberapa titik pada Senin (26/2/2024) pagi ini. Bantuan bagi lokasi terdampak berupa logistik permakanan telah diserahkan untuk melaksanakan kerja bakti.

 

"Sejak tadi pagi BPBD langsung membagi tim untuk melaksanakan penanganan darurat di beberapa titik lokasi sekaligus mendistribusikan bantuan logistik," kata Edi.


Seperti diberitakan sebelumnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Minggu (25/2/2024) mengakibatkan tanah beberapa titik lokasi terjadi tanah longsor yang tersebar di dua Kecamatan, yakni Salaman dan Borobudur. 


Kejadian bencana tanah longsor sebelumnya terjadi di Kecamatan Salaman antara lain di Dusun Berodan dan Kalipucung Kulon Desa Kalirejo. Kemudian di Dusun Kalisat dan Dusun Kebon Mentok Desa Paripurno. 


Sedangkan Kecamatan Borobudur tanah longsor di Dusun Onggosor, Gedangsambu, dan Dusun Secang, Desa Giritengah. Selanjutnya di Dusun Parakan Desa Giripurno dan Dusun Tanjung Desa Ngadiharjo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar