UMKM Dibantu Promosi Lewat Foto Produk Jumputan

Dilihat 1823 kali
Assisten Perekonomian dan Pembangunan Iwan Sutiarso bersama Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang Basirul Hakim menunjukkan produk UMKM setempat

BERITAMAGELANG.ID - Usaha Mikro sebagai salah satu pelaku pembangunan ekonomi di daerah perlu diberdayakan melalui pendataan dan pendaftaran, kemitraan dan jejaring usaha. 


"Termasuk di dalamnya usaha yang dilakukan oleh rekan-rekan "Jumputan" yang akan mengangkat produk-produk  lokal Kabupaten Magelang," demikian disampaikan Iwan Sutiartso, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, saat membuka Pameran UMKM dalam rangka HUT komunitas Jumputan (Jumat Motret Produk Gratisan), di Atrium Artos Mall, Jumat (18/6/2021).


Saat ini pemerintah telah membuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang terkait langsung dengan UMKM, yakni dengan dicanangkannya tiga butir kebijakan pokok di bidang ekonomi.


Yang pertama, peningkatan layanan jasa keuangan khususnya untuk pelaku UMKM yang meliputi perbaikan layanan jasa perbankan, permodalan, multifinance dan asuransi.


Kedua, peningkatan infrastruktur layanan pemasaran seperti pameran dan bazar produk UMKM, layanan akses pasar, fasilitas pemasaran dan dukungan atas pelaksanaan transaksi perdagangan.


Ketiga, meningkatkan kemampuan dan penguasaan aspek-aspek teknik dan manajemen usaha, pengembangan produk dan penjualan, administrasi keuangan dan kewirausahaan secara menyeluruh.


"Secara umum kebijakan pemerintah dalam pengembangan sektor UMKM tersebut bertujuan meningkatkan potensi dan partisipasi aktif UMKM di dalam proses pembangunan nasional,” kata Iwan.


Ketua Panitia HUT-I Jumputan, Woro Isti Palupi menambahkan, kehadiran tim "Jumputan" sangat berperan bagi pelaku UMKM karena hasil karya potret mereka bisa digunakan sebagai sarana promosi produk. 


"Apalagi saat ini merupakan era digitalisasi dan pelaku UMKM banyak promosi dan memasarkan secara online," terangnya.


Woro mengatakan, foto yang dihasilkan tim Jumputan ada nilai lebihnya, karena lebih menarik. 


"Karena mereka fotografer profesional, sehingga foto yang di hasilkan lebih menarik dibanding kita yang kadang-kadang hanya asal-asalan. Seperti produk makanan menjadi lebih menarik untuk dimakan dan menambah nilai jual," katanya.


Desi Ria Listyowati, penggagas 'Jumputan' mengaku senang karena hasil jepretan tim Jumputan bisa memberi manfaat para pelaku UMKM. Selama setahun memotret, sudah lebih dari 200 produk UMKM yang dipotret.


Bahkan pameran UMKM yang berlangsung hingga Minggu (20/6/2021) mendatang ini, juga atas inisiatif pelaku UMKM yang sudah rindu mengadakan pameran. 


"Sebab, selama ada pandemi Covid-19 ini, mereka juga sudah jarang menggelar pameran. Tentu pameran ini kita adakan dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.


Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Basirul Hakim dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar