Vanili Lereng Gunung Sumbing Emas Hijau Yang Menjanjikan

Dilihat 950 kali
Harga vanili asal lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang tinggi dan petani rutin merawatnya demi meraup untung dari hasil panenan

BERITAMAGELANG.ID - Tanaman vanili dari lereng Gunung Sumbing memiliki harga jual cukup mahal dipasaran. Bahkan karena kualitasnya ekspor para petani harus menjaga tanaman polong itu selama dua puluh empat jam.

Wilayah Dusun Temanggal Desa Bumirejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang ternyata memiliki harta karun hijau yang potensial jadi andalan ekspor yakni tanaman vanili berkualitas.

Salah seorang petani vanili dari lereng Gunung Sumbing Labib menceritakan bahwa tanaman vanili ini masih langka. Banyak orang yang belum mengetahui tentang vanili ini. Hal itu karena bertani vanili butuh ketekunan, dan petani dituntut jeli dalam proses penyerbukannya.

"Sekitar 75 pohon vanili awalnya. Yang diperbanyak mulai panen ada yang sudah dua kali," kata Labib ditemui Minggu (05/11/2023).

Memiliki julukan emas hijau, tanaman vanili atau vanila planifolia masuk ke dalam suku anggrek-anggrekan, keberadaanya menjadi barang dengan harga yang cukup mahal, bahkan saat ini tembus harga Rp 150.000 - Rp 500.000 per kilogramnya.

Menurut Labib, dengan perawatan maksimal tanaman vanili akan selalu produktif menghasilkan buah vanili yang siap panen setiap tahunnya. Saat ini periode Oktober hingga November tanaman vanili di lereng Gunung Sumbing tengah memasuki musim bunga. Fase itu para petani harus bekerja ekstra membuka kelopaknya dan memisahkan serbuk sarinya satu persatu.

Labib menambahkan, memang sempat tersiar kabar hasil panenan saat musim kemarau harga vanili sangat rendah dikisaran Rp 30.000 perkilogramnya. Namun nantinya harga tersebut akan berubah seiring hasil panen yang melimpah.

"Penyebabnya kurang tahu. Tapi ini nanti kalau sudah tua beda harganya, lebih mahal sekitar enam bulan lagi panennya," ujarnya.

Lahan vanili milik Labib merupakan pekarangan rumah yang luasnya tidak seberapa. Namun dari tanaman vanili ini selain menghasilkan keuntungan yang tinggi juga memiliki dampak positif lain baginya. Salah satunya, rambatan tanaman Vanili digunakan pohon Kleresedhe yang daunnya biasa berproteni tinggi bagi pakan ternak.

Ia mengaku belajar menanam vanili dari platform tayangan media sosial. Terkait harga jual vanili kering lebih mahal dari yang basah. Vanili kering berwarna hitam dan memiliki aroma wangi, sedangkan yang masih basah warnanya hijau tidak berbau.

"Ya cuma ini lahan kosong ya. Awalnya liat di Youtube masalah vanili. Hasilnya menjanjikan sekali," tutur Labib,

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar