Hari Pers Nasional, PWI Kabupaten Magelang Tebar 4.000 Benih Ikan

Dilihat 2004 kali
Tebar benih ikan di mata air Ndas Gending Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Mertoyudan, dalam rangka Hari Pers Nasional oleh PWI Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Tidak kurang dari 4 ribu bibit ikan disebar di mata air Ndas Gending, Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Selain itu ditanam pula sekitar 800 bibit tanaman berbagai jenis, seperti Kalpataru, alpukat, jambu, sirsat dan lain sebagainya.


Tebar benih dan tanam pohon dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) oleh PWI Kabupaten Magelang, Senin (20/3). Kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan PWI Kabupaten Magelang setiap kali memperingati HPN,  sebagai upaya membantu pemerintah dalam upaya melestarikan alam.


Ketua panitia HPN Kabupaten Magelang, Angga Haksoro Ardhi, mengatakan, sebelumnya, PWI juga melaksanakan kegiatan penanaman pohon di  di Telomoyo Ngablak,  mata air Semaren Sawangan, dan saat ini di Ndas Gending.


"Kita hidup tidak bisa lepas dari alam, karenanya alam harus dijaga. PWI ingin berkontribusi, karena ada ribuan mata air di Kabupaten Magelang," katanya.


Setidaknya hampir di setiap desa di wilayah Kabupaten Magelang ada mata air. Dari 367 desa, ada 16 mata air yang dikelola PDAM.


Dengan kondisi yang demikian, PWI ingin berperan serta menjaga mata air yang ada. Harapannya, agar apa yang sudah ditanam dan ditebar maka bisa dikembangkan serta dipelihara oleh masyarakat, kemudian diambil manfaatnya.


Angga menambahkan, tema HPN tahun 2023 ini adalah "Memelihara Bumi, Merawat Demokrasi". Kegiatan ini  juga dihadiri pejabat Forkopimda dan instansi terkait serta beberapa kepala BUMD.


Asisten II Sekda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mewakili Bupati Magelang mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan PWI Kabupaten Magelang berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Peternakan menyelenggarakan kegiatan ini. 


“Semoga apa yang sudah dilakukan PWI bermanfaat bagi kita semua,"ujarnya.


Ia menyatakan, alam sekitar harus dijaga, termasuk memelihara sumber mata air Ndas Gending. Karena apa yang dilakukan saat ini, kelak akan dinikmati oleh anak cucu. Karenanya, masyarakat setempat harus terlibat dalam memelihara.


Dirut Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, Agus Tri Suharyono, juga menyampaikan terima kasih, karena salah satu sumber mata air yang dikelola PDAM menjadi sasaran pelestarian. 


“Semoga apa yang sudah dilakukan PWI benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.


Tebar benih di mata air Ndas Gending dan penanaman pohon sangat berdampak positif bagi ekosistem.


“Semoga PWI terus kompak dan bisa memberi kontribusi positif bagi pemerintah setempat," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar