Latihan Gabungan SAR Digelar di Grabag

Dilihat 777 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis bersama jajaran Forkompimcam Grabag membuka kegiatan Latihan Gabungan SAR I Grabag yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Ngasinan Grabag, Sabtu (26/11/2022).


Asfuri menyampaikan bahwa secara Geografis, Geologis, Hidrologis, dan Demografis Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah rawan bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan manusia, termasuk di Kabupaten Magelang sendiri yang berada di daerah cekungan dan dikelilingi pegunungan.


Ia mengakatan, di balik bentang alam yang menyajikan pemandangan indah, Kabupaten Magelang juga menyimpan potensi bencana. Lebih-lebih, saat ini telah masuk musim penghujan, dimana peningkatan curah hujan akhir-akhir ini semakin meningkat. Hal tersebut tentunya juga memiliki potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.


"Bahkan dari laporan data kebencanaan yang saya terima, dalam kurun waktu Tahun 2022 ini telah terjadi bencana angin kencang sebanyak 238 kejadian, bencana banjir 9 kejadian dan untuk tanah longsor 219 kejadian, yang mana 12 kali kejadian tanah longsor terjadi di Kecamatan Grabag ini," kata Asfuri.


Melihat kondisi tersebut, serta menyadari masih adanya potensi bencana hidrometeorologi yang akan terjadi, maka faktor keselamatan jiwa manusia maupun dampak kerugian material yang ditimbulkannya menjadi hal yang sangat penting untuk segera mendapat perhatian.


"Oleh karena itu, secara pribadi, dan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, atas dilaksanakannya Latihan Gabungan SAR I Grabag ini, sebagai bentuk kesiap-siagaan seluruh elemen dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman bencana," ungkapnya.


Melalui latihan Gabungan ini, Asfuri mengajak kepada seluruh pihak untuk turut berperan aktif dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya potensi ancaman bencana.


"Mari kita satukan langkah dalam bingkai semangat gotong royong untuk meningkatkan kualitas penanganan bencana dengan bersinergi, berkolaborasi dan bekerja sama demi mewujudkan Kabupaten Magelang yang tangguh dalam menghadapi segala bencana," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar