Wapres Buka Rakornas PB 2024, BPBD Kabupaten Magelang Jadi Salah Satu Narasumber

Dilihat 482 kali
Kepala Sekertariat BPBD Kabupaten Magelang, Muflichah Roychani (tengah), saat menjadi narasumber Rakornasi PB pada Rabu (24/04/2024) di eL Hotel, Kota Bandung

BERITAMAGELANG.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang menghadiri sekaligus menjadi salah satu narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2024. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 23 - 24 April 2024 di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.


"Saya minta agar pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di dalam negeri untuk terus dioptimalkan. Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ujar Wapres Ma'ruf Amin saat membuka Rakornas PB 2024, di Pullman Grand Central Bandung, Rabu (24/4).


Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi penyelenggaraan Rakornas PB 2024 sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi penanggulangan bencana di Indonesia. Lebih dari 2.000 peserta hadir pada puncak acara Rakornas PB 2024 yang mengangkat tema "Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana".


BNPB mengangkat tema tersebut seiring dengan tantangan masa kini. Fenomena alam, berbagai jenis bencana dan kompleksitas dampaknya yang semakin berat berpengaruh pada peningkatan kerentanan wilayah terhadap bencana. Hal tersebut dapat diperburuk dengan dampak perubahan iklim dunia.


Kondisi tersebut menutut upaya penanggulangan bencana yang lebih cermat dan inovatif. Sehingga seluruh langkah dan rencana tanggap darurat yang dilaksanakan harus mampu mengurangi dampak bencana terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.


Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sekertariat, Muflichah Roychani hadir menjadi salah satu narasumber pada Sidang Komisi Bidang Pra Bencana yang membahas Tema Penguatan Inovasi Daerah Dalam Tata Kelola Bencana.


Ia mengungkapkan rasa bangganya karena Pemerintah Kabupaten Magelang khusunya BPBD Kabupaten Magelang mendapat perhatian dari BNPB karena tata kelola penanggulangan bencana di Kabupaten Magelang yang cukup baik, sehingga ditujuk menjadi salah satu pembicara dalam Rakornas PB 2024


"Suatu kehormatan bagi kami untuk bisa memaparkan program-program penanggulangan bencana Kabupaten Magelang di hadapan stakeholder maupun BPBD seluruh Indonesia" ujarnya, usai menjadi narasumber


Dalam kesempatan tersebut, Muflichah menjelaskan perencanaan penanggulangan bencana dan tata kelola pra bencana di Kabupaten Magelang khususnya penguatan lembaga, sumber daya manusia, dan program-program pra bencana lainnya. Selain itu ia memaparkan faktor kunci pemerintah daerrah Kabupaten Magelang dalam upaya pelibatan dan pengelolaan sektor non pemerintah (FPRB, Lembaga Usaha, dll.)


Sidang Komisi menjadi bagian penting dalam rangkaian Rakornas Penanggulangan Bencana setiap tahunnya. Selain betujuan untuk menjaring isu-isu strategis Penanggulangan Bencana, hasil Sidang Komisi akan dikembangkan menjadi rekomendasi kebijakan yang solutif dalam menjawab tantangan-tantangan penanggulangan bencana pada aspek kebijakan dan strategis, pra bencana, darurat bencana, pasca bencana, logistik dan peralatan, serta tata Kelola dan akuntabilitas.


Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024 ini menjadi forum untuk membahas dan merumuskan kebijakan penanggulangan bencana yang lebih efektif dan efisien. Rakornas ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait, baik dari pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar