Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Wisata Air Terjun Sekar Langit

Dilihat 247 kali
Keindahan Air Terjun Sekar Langit

BERITAMAGELANG.ID - Magelang, lagi dan lagi tak pernah berhenti memanjakan kita untuk berpiknik ria. Tidak hanya wisata sejarah, tetapi wisata alam di Kabupaten Magelang ini selalu menarik perhatian para pengunjung untuk mendatanginya.

Salah satunya yaitu Wisata Alam Air Terjun Sekar Langit. Air Terjun Sekar Langit, sebuah air terjun elok yang berlokasi di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan berada di lereng gunung Telomoyo. 

Keindahan alam masih terjaga dan alami, dengan tumbuhan dan pepohonan hijau di kiri dan kanan jalan masuk sepanjang 400 meter dari jalan besar, sampai ke lokasi air terjun.

Penasaran dengan keindahan Air Terjun Sekar Langit? Yuk kita simak deskripsi Air Terjun Sekar Langit tersebut!

1. Akses Jalan Menuju Air Terjun

Tracking atau akses jalan ke lokasi Air Terjun Sekar Langit dari area parkir tidakah sulit. Karena jalurnya sudah berbentuk lapisan tembok, dan cukup lebar. Untuk mencapai lokasi, pengunjung hanya menempuh jarak sekitar 600 meter atau 10 menit dari pintu masuk.

Tracking pertama dari lokasi parkir dengan mulai menuruni anak tangga yang lebar. Selanjutnya kondisi jalur masih datar-datar saja. Selama menyusuri jalur, akan dihiasi pemandangan pohon bambu yang menjulang ke atas. Serta aliran air di sungai yang ada di samping kiri jalur.

Selain jalur yang sudah berbentuk lapisan tembok, dan lebar, terdapat juga di beberapa titik sebuah pagar pembatas yang terbuat dari besi yang ada di sebelah kiri.

Setelah itu, perjalanan akan mulai mendaki menapaki anak tangga yang kokoh. Tidak terlalu miring, namun tetap saja lumayan membakar kalori dalam tubuh.

Tidak lama berselang setelah melewati anak tangga, Anda akan menyebrangi sebuah jembatan besi warna-warni, dengan gapura di masing-masing ujung jembatan. Orang-orang sering menyebut jembatan itu dengan nama Jembatan Asmara.

Dan setelah melewati jembatan, traveler harus menaiki anak tangga lagi. Terdapat sebuah pagar pembatas yang ada di sebelah kanan jalur, dan ujung dari pagar pembatas tersebut adaah akses masuk menuju lokasi utama Air Terjun Sekar Langit.

2. Keindahan Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit adalah air terjun yang berundak dengan ketinggian sekitar 25 meter dari dasar kolam dan dan airnya tidak pernah mengering sehingga mengalir di tiap musim. Adapun kedalaman palung utama sampai ke dada orang dewasa dengan arus pusaran yang cukup kuat. Kolamnya tergolong sebagai kolam air terjun yang cukup besar, sehingga para pengunjung bisa melakukan aktivitas wisata berupa berenang.

Suhu udara di kawasan wisata ini sangat sejuk dengan air yang jernih, disaat akhir pekan, kawasan wisata ini dipenuhi oleh wisatawan yang memang sengaja datang untuk berlibur menenangkan diri di kawasan air terjun. Banyak wisatawan yang duduk-duduk di atas batu sambil menikmati udara yang sejuk. Suara gemuruh dan air yang jernih mengundang beberapa wisatawan untuk mandi dan bermain air.

Adapun ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung adalah :

  • Bermain Air
  • Berenang
  • Hunting Foto

3. Legenda Jaka Tarub.

Yang menjadi daya tarik kehadiran bagi pengunjung air terjun ini, selain keindahan alamnya adalah adanya legenda Jakatarub. Konon, di telaga inilah Jakatarub mengintip dan mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi di telaga. Bidadari yang tercuri selendangnya itu, Nawangwulan, akhirnya tidak dapat pulang ke kahayangan dan hidup berumah tangga dengan Jakatarub karena selendang, baginya, merupakan kesaktian.

Rista, salah satu pengunjung mengaku baru kali pertama berwisata di Air Terjun Sekar Langit, karena penasaran dengan cerita Jaka Tarub.

"Saya dengar air terjun sini ada ceritanya Jaka Tarub saya penasaran makanya saya kesini dan ini baru pertama kali ke sini. Tempatnya asri dan adem banget, rutenya juga tidak terlalu naik turun," katanya,

4. Tempat Syuting Film

Bagi wisatawan generasi 70an dan 80an mungkin pernah mendengar cerita mengenai keindahan air terjun sekar langit.

Air Terjun Sekar Langit juga pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Yohana Gadis Rimba yang dibintangi oleh Lidya Kandou dan Atek Soedharmo dan disutradarai oleh Wim Umboh. Film ini cukup popular pada tahun 1983 lalu.

5. Harga Tiket Masuk

Wisatawan tidak perlu khawatir tentang biaya masuk. Kawasan ini termasuk memiliki harga tiket sangat terjangkau.

Tarif yang perlu dibayar setiap wisatawan ketika masuk sudah termasuk dalam asuransi. Tarif ini juga sudah termasuk biaya parker kendaraan yaitu sekitar Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 3 ribu untuk Mobil.

Dengan harga yang sangat murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati pesona alam yang sangatlah indah dan eksotis.

Tak hanya dapat dikunjungi bersama pasangan, Anda juga bisa mengunjungi wisata alam ini bersama keluarga karena suasana alamnya dapat membuat pikiran Pins menjadi lebih rileks.

6. Jam Operasional

Jam operasional Air Terjun Sekar Langit buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18,00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Selamat berlibur, dan tetap patuhi larangan dari pihak pengelola, dengan menghindari area kolam saat hujan tiba.

Tetap aman dan nyaman ya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar