Air Terjun Sekarlangit Ramai Pengunjung Saat Libur Lebaran

Dilihat 235 kali

BERITAMAGELANG.ID - Air terjun Sekarlangit terletak di Tlogorejo, Grabag Kabupaten Magelang. Air terjun Sekarlangit merupakan salah satu air terjun berundak yang ketinggiannya mencapai 25 meter dari permukaan telaga. Mata airnya berasal dari pegunungan Telomoyo. Sehingga tak heran jika airnya tampak jernih dan cocok untuk berenang.


Akses menuju lokasi air terjun, cocok untuk wisatawan yang menyukai tracking. Dengan jalan setapak yang sudah disediakan oleh pengelola. Wisatawan harus menempuh jarak lebih dari 500 meter untuk sampai di air terjun. Pepohonan rimbun dan bambu tampak berdiri kokoh di sisi kanan-kiri jalan setapak itu. Sembari berjalan, wisatawan dapat menikmati lanskap alam yang ditawarkan. Meski tidak dapat dipungkiri, jalannya terasa sunyi. Ditambah dengan beberapa rumpun bambu yang tumbang melintang di tengah jalan.


Setelah beberapa menit berjalan, wisatawan dapat mendengar gemericik air terjun. Apabila sudah melewati sebuah jembatan dengan besi warna-warni, wujud air terjunnya semakin jelas. Menjulang tinggi dengan irama yang menenangkan.


Pengelola Air Terjun Sekarlangit, Yoto mengatakan, destinasi wisata ini memang dikelola oleh Pemkab Magelang bersama Pemdes Tlogorejo. Dengan sistem bagi hasil. Air terjun ini sudah dikelola sejak puluhan tahun silam.


"Letaknya yang tersembunyi di antara rerimbunan pohon bambu, cocok untuk wisatawan yang ingin mencari lokasi untuk menenangkan pikiran," ujar Yoto saat ditemui, Minggu (14/4/2024).


Banyak rombongan wisatawan dari beberapa daerah di Jawa Tengah selama libur hari raya Idulfitri tahun 2024. Selama liburan lebaran ini, air terjun Sekarlangit ramai dikunjungi wisatawan.


"Rata-rata pengunjung setiap hari selama liburan Idulfitri 2024 antara 400-500 pengunjung," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar