Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi ASN Kabupaten Magelang, Ini Jadwalnya

Dilihat 2037 kali
Pemeriksaan kesehatan di Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/10)

BERITAMAGELANG.ID - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan setempat. Tes untuk memastikan kondisi kesehatan tersebut digelar di Pendopo Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/10).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dr. Sunaryo menjelaskan pemeriksaan ini merupakan rangkaian dari kampanye kesehatan.

"Sebenarnya kegiatan ini merupakan dari rangkaian kampanye kesehatan yang juga melibatkan program Germas, kemudian menanggulangi stunting, dan cek kesehatan ini," terang dr. Sunaryo.

Menurut dr. Sunaryo, manusia berusia 15 sampai 59 tahun bisa mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar. Untuk bisa mencapai sasaran tersebut, pihaknya berusaha memaksimalkan pelayanan di Pospindo.

"Jadi para PNS ini merupakan kader-kader Pospindo (Posyandu). Sedangan tujuan utamanya adalah mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi kita yang akan hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan, salah satunya adalah pemeriksaan kesehatan ini," lanjut dr. Sunaryo.

Sebanyak 400 ASN diperiksa kesehatannya secara gratis, diantaranya tes tekanan darah, timbang berat badan, tes lemak dalam tubuh, tes darah meliputi gula; kolesterol dan jantung.

"Tujuannya adalah untuk memantau kondisi kesehatan sedini mungkin. Jadi sebenarnya pemeriksaan kepada PNS dan masyarakat itu sama saja. Biasanya pada usia di atas 40, semua penyakit degeneratif, misalnya penyumbatan pembuluh darah jantung, darah tinggi, diabetes, dan lain sebagainya mulai bermunculan. Maka dari itu, sebelum menjadi penyakit, inilah kegiatan untuk mencegahnya," pungkasnya.

Bagi ASN yang belum mendapat kesempatan memeriksakan kesehatannya, kegiatan ini masih akan digelar sampai 23 Oktober mendatang dengan jadwal sebagai berikut:


15 Oktober 2018:

Bagian Tata Pemerintahan; Bagian Hukum; Bagian Perekonomian; Bagian Administrasi dan Pembangunan; Bagian Kesejahteraan Masyarakat; dan Bagian Humas Protokol


16 Oktober 2018:

Bagian Umum; BKPPD; dan Bagian Organisasi.


17 Oktober 2018:

BPPKAD


18 Oktober 2018:

Pejabat Eselon 2; 3; dan Pejabat Fungsional


19 Oktober 2018:

Bappeda Litbangda; dan Inspektorat


22 Oktober 2018:

Diskominfo; Dispermades; dan Sekretariat DPRD.


23 Oktober 2018:

Dinas Pertanian dan Pangan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar