TNI Bantu Warga Bersihkan Sisa Material Longsor

Dilihat 2674 kali
Anggota Koramil 19/Borobudur bersama warga melakukan kerja bakti membersihkan sisa material longsoran Dusun Serut Desa Bigaran Kecamatan Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono memerintahkan seluruh Danramil menyiagakan anggota Babinsanya untuk rajin terjun guna mengantisipasi kondisi wilayah terutama yang rawan bencana.


"Kondisi saat ini sedang dalam musim hujan dan rawan akan terjadinya bencana longsor, puting beliung dan bencana alam lainnya," ungkap Dandim Kukuh, Minggu (09/12). 


Dandim menambahkan, dengan kerja bakti diharapkan juga dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat terjalin semakin baik.


Kepedulian Babinsa dengan warga dan wilayah binaan pun terus ditunjukkan. Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) beserta anggota Koramil 19/Borobudur, bahu-membahu membantu masyarakat melaksanakan kerja bakti. 


Terdapat sejumlah titik longsor di wilayah Kecamatan Borobudur beberapa hari terakhir, sehingga butuh penanganan ekstra. 


Danramil 19/Borobudur Kapten Arm. Sudjarwanto mengatakan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat. Hal ini mengakibatkan adanya tanah longsor di beberapa daerah wilayah Borobudur, diantaranya Dusun Kesuman Desa Tuksongo, Dusun Serut Desa Bigaran dan Dusun Kemloko Desa Kenalan.


"Kami kerahkan sejumlah Babinsa Koramil Borobudur untuk melaksanakan operasi membantu korban longsor," ucap Kapten Arm. Sudjarwanto di sela kerja bakti membersihkan material longsoran yang menutup akses jalan di Dusun Serut Desa Bigaran Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Minggu (09/12). 


Menurut Sudjarwanto, kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ia berharap kehadiran anggota TNI membuat warga desa semakin semangat dalam bekerja bakti.


"Koramil Borobudur terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Borobudur," lanjutnya. 


Kepala Dusun Serut, Arif Widiastoyo (50) mengungkapkan longsor yang terjadi sempat menutup jalan sehingga warga yang akan melintas jadi terhambat. Ia mengapresiasi sinergi yang dilakukan TNI membersihkan sisa longsoran di wilayahnya. 


"Alhamdulilah, hari ini longsoran tanah sudah dibersihkan. Dan akses jalan kembali lancar untuk mobilitas warga," katanya lega. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar