Balai Konservasi Borobudur Gelar Nobar Variety Show Lingsir Wengi

Dilihat 1516 kali
Acara Nobar di Halaman Balai Konservasi Borobudur

BERITAMAGELANG.ID - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi selama tiga tahun berturut-turut (2019-2021) telah menyelenggarakan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional yang diamanahkan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan.


Pada tahun ini, dalam kondisi pandemi yang belum berakhir, Pekan Kebudayaan Nasional tetap dilaksanakan melalui tayangan-tayangan ataupun kegiatan virtual lainnya yang dapat diakses melalui media sosial, TVRI, Indonesia TV dan website PKN.id.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati saat menggelar nonton bareng Variety Show Lingsir Wengi yang disutradarai Hanung Bramantyo dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional di Halaman Kantor Balai Konservasi Borobudur, Selasa (24/11) malam.


"Mulai dari budayawan, aktor film, sutradara, seniman, musisi band, penyanyi ternama tampil dalam kegiatan kali ini," katanya.


Menurutnya, dalam skala nasional sejumlah artis seperti group band Slank, penyanyi Reza Artamevia, Titi DJ, Godbless, Fourtwnty, Endah n Rhesa, Kikan, dan sederet artis lainnya turut serta memeriahkan Pekan Kebudayaan Nasional 2021.


Wiwit mengatakan, berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk memeriahkan kegiatan tersebut, yang dimulai pada 19-26 November 2021 dengan mengangkat tema "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan" khususnya yang berkaitan dengan kehebatan kearifan lokal pada sandang, pangan dan papan. Para kurator menyusun kerangkanya, dan diterjemahkan dalam berbagai program.


"Tiga sub tema tersebut kami aplikasikan pada program-program yang berupa kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah," jelasnya.


Dirinya berharap, Pekan Kebudayaan Nasional yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya dapat dijadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan budaya Nusantara, begitu juga referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara, tentunya dengan kemasan berbeda dari tahun sebelumnya.


Dalam kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2021 ini, menurut Wiwit, telah ditunjuk beberapa dewan kurator diantaranya Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.


Selain itu Pekan Kebudayaan Nasional 2021 melibatkan sutradara kreatif dalam tayangannya antara lain Riri Riza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subiyakto, Lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby Ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, dan Raymond Ahari.


"Kegiatan PKN 2021 kali ini dikemas dengan cara kekinian, tradisional bertemu teknologi, potensi budaya dikemas apik sebagai bagian dari pagelaran Pekan Kebudayaan Nasional," tambahnya.


Seperti diketahui, Balai Konservasi Borobudur menggelar acara nonton bareng di beberapa titik, antara lain di Kelurahan Kembanglimus, Komunitas Kota Toea Magelang, SMA Muhammadiyah Borobudur, Pondok Tingal, dan Balai Konservasi Borobudur.


Kegiatan nonton bareng Variety Show Lingsir Wengi yang disutradarai Hanung Bramantyo mengambil lokasi syuting di Candi Borobudur dan potensi-potensi di Kawasan Borobudur.


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Camat Borobudur dan General Manager TWC serta Manohara juga tokoh seniman dan pegiat wisata di sekitar Candi Borobudur.


"Di dalam tampilan itu nanti akan diketahui banyak potensi di sekitar Candi Borobudur yang bisa kita angkat," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar