Bupati Magelang Buka Festival Lapak Pilar Kecamatan Tempuran

Dilihat 809 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani, OPD terkait dan Forkompimcam Tempuran saat melaunching logo dan membuka Festival Lapak Pilar di Kecamatan Tempuran.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani membuka Festival Lapak Pilar di Kecamatan Tempuran, Sabtu (16/9/2023).


Bupati menyampaikan UMKM merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar yang mempunyai peran strategis dalam menggerakkan pembangunan ekonomi nasional dan daerah. 

Menurutnya, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi, menjaga kestabilan perekonomian dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan melalui pengembangan dunia usaha.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Magelang sangat menaruh perhatian terhadap pertumbuhan UMKM yang saat ini sedang berkembang. Lebih dari 109 ribu UMKM di Kabupaten Magelang, selama ini telah memberikan kontribusi besar dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Untuk itu, melalui kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai stakeholder, saya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini, dalam upaya mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Kabupaten Magelang, guna mewujudkan UMKM yang tangguh dan mandiri," kata Zaenal.

Ia berharap kegiatan ini mampu mendorong dan menumbuh kembangkan para pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Tempuran, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai pangsa pasar luas, yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM.

"Ini sekaligus merupakan bagian dari ikhtiar bersama, dalam rangka mewujudkan kolaborasi UMKM agar terus produktif untuk menghasilkan karya yang inovatif," harap Zaenal.

Sementara itu, Camat Tempuran Yuvita Isni Kadratin dalam laporannya menyampaikan Kegiatan Festival Lapak Pilar ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu tanggal 16-17 september 2023 yang diikuti oleh para pelaku UMKM dari 15 desa di wilayah Kecamatan Tempuran, Dinkes, DPMPTSP, Disdakop dan UKM Kabupaten Magelang, LPPM Univ Muhamadiyah Magelang, KUA serta Lembaga perbankan Kecamatan Tempuran.

"Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk keberlanjutan Pemerintah Kecamatan Tempuran dalam memberikan sarana atau ruang bagi para pelaku UMKM untuk menampilkan, mempromosikan dan menjual produk-produk yang dihasilkan," terang Yuvita.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar