Cegah Kerumunan, Pengunjung Wisata Petik Jeruk Harus Reservasi

Dilihat 826 kali
.
BERITAMAGELANG.ID - Setelah tutup sementara waktu, kini wisata petik jeruk Vitamin C di Dusun Gamol Desa Paremono, Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang kembali dibuka. Namun, ada aturan baru yang diterapkan pengelola, yakni wisatawan harus reservasi terlebih dahulu.

Hal itu dilakukan guna menghindari kerumunan di lokasi, mengingat Kabupaten Magelang masih berada di level III PPKM. 

"Iya kami sudah mulai buka kembali namun yang mau datang berkunjung harus reservasi terlebih dahulu," kata Eryani, salah satu pengelola objek wisata Vitamin C Petik Jeruk.

Pengunjung yang ingin menikmati wisata petik jeruk bisa reservasi di nomor  Whatsapp 0878-3421-4522. Itupun dalam satu pekan hanya dibuka saat weekend, yakni Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat, yakni pengunjung harus menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun dan cek suhu tubuh.

Eryani mengatakan, sejak Agustus lalu, objek wisata ini ditutup karena adanya kerusakan. Banyak pengunjung memetik buah yang masih kecil (pentil) dan hanya untuk lempar-lemparan. 

"Akibatnya banyak yang rusak dan tidak berbuah. Namun sekarang sudah mulai berbuah lagi sehingga kita buka kembali," katanya.

Berkaca dari pengalaman itu, pengelola juga mengatur manajemen pengunjung. Selain diminta reservasi, pengunjung yang sudah terlanjur datang, bisa masuk namun menunggu pengunjung yang di dalam keluar terlebih dahulu. 

"Kalau dirasa pengunjung di dalam itu sudah banyak, maka kita akan stop dulu. Baru setelah mereka keluar, maka pengunjung yang sudah menunggu bisa masuk," jelas Eryani.

Pengunjung juga membeli tiket tanda masuk sebesar Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Dengan tiket tanda masuk ini, pengunjung bebas menikmati jeruk sepuasnya. 

Pengunjung juga diperbolehkan membeli buah yang dipetiknya dengan harga Rp25 ribu/kg untuk jenis Gergah. Sedangkan jeruk jenis lain, seperti siam, lemon, nipis, pamelo dan sebagainya, harga per kilogramnya di bawah Rp20 ribu.

Jeruk jenis Gergah merupakan andalan Taman Vitamin C karena berbuah sepanjang waktu. Jeruk Gergah merupakan tanaman asli dari Bengkulu.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar