Citrosono Culture Festival Lestarikan Seni Dan Budaya

Dilihat 1309 kali
Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Achmad Husein saat membuka Citrosono Culture Festival

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Achmad Husein membuka Peresmian 20 Grup Kesenian Budaya Pada Kegiatan Citrosono Culture Festival Di Desa Citrosono Kecamatan Grabag, Selasa (26/7/2022). 

Dalam Sambutannya, Husein menyampaikan bahwa pariwisata mempunyai karakteristik pelestarian alam, budaya dan seni yang apabila semakin dilestarikan, maka akan mampu mensejahterakan masyarakat di sekitar lokasi pariwisata. 

"Festival yang diadakan inipun akan membangkitkan dan menggairahkan kesenian lokal, tentunya juga bisa menumbuhkan kesadaran mayarakat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya dan kearifan lokal. Menjaga dan melestarikan budaya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, akan tetapi pondasi paling utama dari masyarakat itu sendiri," kata Husein.

Perlu disadari bersama, tambah Husein bahwa budaya merupakan identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga dan dilestarikan serta menjadi warisan bagi anak cucu kelak.

Ia juga merasa bangga karena masyarakat di Desa Citrosono Kecamatan Grabag pada hari ini telah bahu-membahu, bergotong royong bekerjasama melestarikan seni dan budaya dengan melaksanakan festival budaya yang apabila tidak di uri-uri maka akan terpinggirkan dan terlupakan.

"Saya berharap, dari festival seni dan budaya ini, kita mampu mengambil nilai luhur yang terkandung di dalamnya, untuk diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda sehingga kelak akan lahir generasi muda yang berjiwa seni dan berkepribadian yang baik," harapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar