Durian Super Besar Sita Perhatian Pengunjung

Dilihat 2823 kali
Durian yang dinamakan Kyai Balak ini memiliki ukuran yang super besar. Menurut Zaenal, berat durian super miliknya mencapai 10,3 kilogram

BERITAMAGELANG.ID - Sebuah durian milik Kepala Desa Kebonrejo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Zaenal Mutaqin, menjadi pusat perhatian warga saat Festival Grebeg Durian di Lapangan Candimulyo, Sabtu (17/03).


Bagaimana tidak, dilihat dari bentuknya, Durian yang dinamakan Kyai Balak ini memiliki ukuran yang super besar. Menurut Zaenal, berat durian super miliknya mencapai 10,3 kilogram.


"Berat durian ini 10,3 kg. Durian ini saya beri nama Kyai Balak karena durian ini saya ambil di sebuah pohon durian di Desa Kebonrejo di dekat Makam Kyai Balak," ujar Zaenal di sela-sela Festival Grebeg Durian.


Durian Kyai Balak ini, lanjut Zaenal, merupakan jenis durian lokal. Namun, pohon durian Kyai Balak ini hanya keluar tiga buah selama tiga tahun belakangan. Usia pohon durian Kyai Balak sendiri, hingga saat ini telah mencapai 15 tahun.


"Sebenarnya ada yang lebih besar lagi, tetapi masih belum matang," imbuh Zaenal.


Meskipun memiliki bentuk tiga kali lebih besar dari pada durian lokal lainnya, dan harga jual yang sangat tinggi, Zaenal mengaku enggan menjualnya.


"Durian ini tidak saya jual meskipun sudah banyak yang menawar. Tetapi saya sudah berjanji bahwa durian ini hanya untuk syukuran saja," tutup Zaenal.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar