Dua Pengunjung Pertama Candi Borobudur Dapat Apresiasi Khusus

Dilihat 1830 kali
Pengunjung pertama Candi Borobudur mendapat apresiasi dengan menanam pohon Pranajiwa di halaman Museum kapal Samudra Raksa, Sabtu (1/1/2022).

BERITAMAGELANG.ID - Dua pengunjung pertama Candi Borobudur Magelang di tahun 2022, Sabtu (1/1) diberi kesempatan menanam tanaman Pranajiwa di halaman Museum Samudra Raksa kawasan Candi Borobudur. Penanaman pohon sebagai bentuk apresiasi sekaligus kampanye Go Green dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.


Dua pengunjung yang beruntung itu masing-masing keluarga Almak Karuna Almasih asal Garut Jawa Barat dan keluarga Boyman Harefa dari Pecangaan Jepara Jateng.


Selain diberi kesempatan menanam pohon, dua keluarga itu diberi tiket gratis memberi makan gajah. Yang spesial, mereka juga diantar dari pintu masuk hingga Zona II dengan menggunakan mobil listrik gratis.


Tidak hanya itu saja, kedua keluarga ini mendapat kalungan syal (selendang) batik buatan UMKM binaan PT PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dan juga buku-buku tentang cerita relief yang ada di Candi Borobudur.


General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto mengatakan, bentuk apresiasi bagi pengunjung pertama Candi Borobudur tersebut, sebagai salah satu upaya dari bagian promosi dalam meningkatkan pelayanan kepada pengunjung.


“Pemberian cendera mata bagi pengunjung pertama Candi Borobudur di tahun baru  merupakan tradisi yang sudah sering dilakukan di awal tahun,” kata Aryono.


Namun, tahub ini hanya wisatawan nusantara yang diberi apresiasi karena wisatawan mancanegara belum ada yang berkunjung. 


Aryono menerangkan, penanaman pohon Pranajiwa merupakan bagian dari kampanye Go Green yang dilakukan PT Taman Wisata Borobudur. Saat ini Taman Wisata Candi Borobudur juga sedang melakukan pembuatan kompos yang berasal dari sampah organik. Sampah itu dihasilkan dari Zona I dan Zona II Candi Borobudur.


Ia berharap, dengan pemberian apresiasi kepada pengunjung pertama di awal tahun, bisa menjadi semangat bagi manajemen untuk memberikan pelayanan destinasi wisata.


Sementara itu, Almak Karuna Almasih yang mendapat apresiasi mengaku sangat senang dan tidak menyangka terpilih sebagai wisatawan pertama di Candi Borobudur di liburan Tahun Baru 2022.


"Ini kunjungan pertama untuk anak saya, tentu apresiasi ini sangat menyenangkan dan tidak menyangka. Apalagi diberi kesempatan untuk melakukan penanaman pohon di kawasan Candi Borobudur. Ini menjadi kenangan spesial yang tidak mungkin terlupakan," ujarnya.


Hal sama disampaikan Boyman Harefa pengunjung asal Kecamatan Pecangaan , Kabupaten Jepara. Ia senang bisa mendapat kesempatan menanam pohon di sekitar Candi Borobudur yang mengingatkan kenangannya menaman di kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara.


Saat liburan Nataru ini, ia sengaja memilih berwisata ke Candi Borobudur karena anak-anaknya ingin melihat dari dekat Candi termegah di dunia yang sebelumnya hanya dikenal dari pelajaran di sekolah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar