Hindari Kerumunan, Ketep Pass Kerja Sama dengan Jeep Wisata Distribusikan Pengunjung

Dilihat 1285 kali
Wisatawan berkunjung ke Ketep Pass.

BERITAMAGELANG.ID - Menjelang libur Idul Fitri 1443 H, pengelola objek wisata Ketep Pass, akan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki. Di sisi lain, mereka juga telah berkoodinasi dengan pengelola objek wisata disekitarnya. Salah satunya, soal penyebaran wisatawan bersama dengan pengelola jeep wisata setempat.


"Libur dua tahun ditutup, dan tahun ini dibuka kembali saat libur lebaran, saya yakin akan membuat wisatawan rindu untuk berwisata. Karena itu, kami akan memaksimalkan semua yang dimiliki saja. Apalagi tahun ini, tidak ada penambahan wahana baru," kata Direktur BPOW Ketep Pass, melalui Kepala Bidang Pemasaran, Edwar Alfian, Sabtu (30/4).


Kata Edwar, BPOW Ketep Pass tahun ini diberikan anggaran sebesar Rp3,6 miliar untuk merevitalisasi gardu pandang dan membuat plaza kuliner serta souvenir. Hanya saja, saat ini baru dalam proses lelang jadi belum dilakukan. 


"Karena belum jadi, ya untuk libur lebaran tahun ini, kami maksimalkan saja yang sudah ada," ujarnya.


Meski demikian, ia optimis Ketep Pass yang menyajikan pemandangan alam yang indah dari lereng Gunung Merapi dan Merbabu. Dari tempat ini, juga dapat melihat puncak Gunung Merapi secara jelas. Selain itu, juga bisa menikmati aneka jajanan khas, seperti jagung bakar dan tempe mendoan. 


"Seperti sebelum-sebelumnya, saat libur lebaran, tempat kami selalu dipenuhi wisatawan. Untuk tahun ini, saya sangat yakin akan terjadi lagi. Apalagi dua tahun ditutup saat libur lebaran. Ada kerinduan orang untuk berwisata bersama keluarga saat libur lebaran," lanjutnya.


Sebagai antisipasi jika terjadi penumpukan wisatawan, ia mengaku sudah berkoodinasi dengan Polsek dan Koramil Sawangan. Bahkan di Ketep Pass, akan didirikan Pospam melibatkan beberapa tenaga kesehatan dari Puskesmas Sawangan. 


"Jika terjadi penumpukan, wisatawan akan kami distribusikan ke beberapa objek wisata sekitar. Seperti petik buah strawbery, Air Terjun Kedung Kayang, Grojokan Kapuhan dan yang tengah viral, Tol Kahyangan," jelasnya.


Untuk memudahkan akses wisatawan, ia juga telah berkoordinasi dengan pengelola jeep wisata di sekitar Ketep Pass. 


"Kami sudah berkoordinasi dengan mereka (pengelola jeep wisata). Mereka siap membantu mendistribusi wisatawan ke beberapa objek wisata di sekitar Ketep Pass. Bahkan mereka telah membuat beberapa paket kunjungan. Mulai dari short (pendek), medium (menengah) dan paket long (panjang). Untuk harganya juga bervariasi tergantung paket yang diambil," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar