Bupati Magelang Imbau Warga Ibadah Ramadan Di Rumah Saja

Dilihat 2471 kali
Bupati Magelang, Zaenal Arifin
BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengimbau warganya beribadah Ramadan di rumah masing-masing. Termasuk sahur, buka puasa, tarawih dan tadarus bersama keluarga terdekat di rumah saja.

Ketentuan tersebut diterbitkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 451/1342/01.03/2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1441 H di tengah Pandemi Covid-19. Dalam SE tersebut, Umat Islam diwajibkan menjalankan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri dengan baik berdasarkan ketentuan Fikih Ibadah.

Selanjutnya, peringatan Nuzulul Qur'an dalam bentuk tabligh dengan menghadirkan penceramah dan massa dalam jumlah besar, baik di lembaga pemerintah, swasta, masjid maupun musola ditiadakan. 

"Buka puasa bersama baik dilaksanakan di instansi atau lembaga swasta, masjid dan lainnya juga ditiadakan. Kemudian, tidak melakukan i'ktikaf sepuluh malam terakhir untuk mencegah dan mengurangi resiko penyebaran covid-19," demikian disampaikan Sekda setempat, Adi Waryanto selaku Koordinator Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Kamis (23/4/2020).

Sementara berdasarkan update data hingga Kamis (23/4/2020) pukul 15.00 WIB, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal bertambah dua orang. 

"Seorang warga Kecamatan Secang dan Kecamatan Sawangan," imbuh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sehingga total PDP yang meninggal hingga kini ada 17 orang yang satu diantaranya terkonfirmasi positif setelah almarhum meninggal. 

Namun demikian, jumlah PDP yang dirawat berkurang dari 16 menjadi 14 orang. 

"Rinciannya, 16 PDP kemarin ditambah 1 baru, dikurangi dua yang meninggal dan seorang sembuh. Untuk PDP sembuh kini menjadi 82 orang," lanjutnya.

Selanjutnya, kata Nanda, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), turun dari 145 menjadi 132 orang. 

"Rinciannya, 145 ODP kemarin dikurangi 19 lulus pantau namun ada tambahan enam ODP baru. Untuk yang terkonfirmasi positif masih tetap tujuh orang dan dua terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh," pungkasnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar