Layanan Safari KB Gratis Diminati Masyarakat, Sampai Inden

Dilihat 1370 kali
Pelayanan KB gratis di BKIA Aisyiyah Krakitan

BERITAMAGELANG.ID - Kegiatan Safari KB gratis TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan terus berlanjut. Di Kecamatan Muntilan dan Kecamatan Salam, sepanjang Jumat (22/9/2023), melayani 66 akseptor, tetapi pelayanan bagi 7 orang diantaranya harus inden. Demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinsos PPKB PPPA, Sugeng Riyadi, Sabtu (23/9/2023).


Diungkapkannya, pelayanan KB di Wilayah Kecamatan Muntilan dilaksanakan di Klinik Keluarga Berencana (KKB) Karya Rini Muntilan terlaksana pada hari Jumat 22 September 2023. Akseptor yang terlayani sebanyak 31 orang. Terdiri dari 25 akseptor baru. Terdiri dari 12 orang akseptor IUD, 13 orang akseptor implant dan 6 orang mendapat layanan bongkar pasang kontrasepsi.


Layanan Akseptor KB dari wilayah Kecamatan Salam dilaksanakan BKIA Aisyiyah Krakitan Salam. Akseptor yang dilayani sebanyak 35 orang akseptor. 14 orang akseptor, diantaranya menggunakan IUD, dan 21 orang akseptor mendapat layanan pemasangan implant. Serta layanan bagi 7 (tujuh) akseptor lainnya terpaksa inden atau ditunda.


"Penyebabnya bermacam macam, ada calon akseptor yang punya bayi di bawah dua tahun, belum mengikuti Keluarga Berencana tapi sudah berulangkali berhubungan dengan suaminya. Jadi harus nunggu menstruasi, atau perlu tes urine terlebih dulu, baru bisa mendapat pelayanan," jelasnya.


Lebih jauh, Sugeng mengungkapkan ada juga akseptor yang harus inden karena tensinya tinggi tapi tidak mau menggunakan IUD.


"Jadi harus menunggu tensi turun," ungkapnya.


Tetapi ada yang harus inden karena hal hal teknis, misalnya, akseptor yang ingin ganti cara atau pasang ulang alat kontrasepsi tetapi ketinggalan kartu keluarga berencananya.


"Ada juga yang ingin ganti cara misal dari KB suntik lalu ingin pasang implant. Tapi kalau dihitung tanggalnya jatuh tempo belum waktunya. Jadi harus menunggu jatuh tempo," jelasnya.


Kegiatan pelayanan KB MKJP dalam rangka Baksos TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2023 tersebut dilaksanakan mulai 7 September 2023 sampai dengan 3 Oktober 2023. Jenis layanannya meliputi KB MKJP yaitu MOW, MOP, IUD dan Implant. Biaya pelayanan gratis bagi akseptor karena sudah dianggarkan melalui Anggaran BOKB Tahun 2023.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar