Liburan ke Magelang? Bisa Kesini Lho ..

Dilihat 2486 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebelum memutuskan mau kemana kita menikmati Libur Idul Fitri 1443 H, alangkah baiknya kita membuat pilihan-pilihan. Ini penting agar kita tidak tersesat dan mampu mengoptimalkan waktu serta tentu agar lebih efektif dan efisian dalam pengatur pengeluaran. Apalagi saat libur lebaran, akan selalu terjadi kemacetan dan penumpukan wisatawan disalah satu tempat. Ini yang perlu diantisipasi.

Untuk itu jika kita akan berlibur ke Magelang, maka ada empat kawasan yang dapat kita kunjungi. Masing-masing kawasan tentu ada keunggulan dan keunikan yang berbeda-beda. Melalui tulisan ini, semoga dapat membantu anda membuat pilihan-pilihan tersebut.

Untuk diketahui, melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, telah membagi empat Kawasan Startegi Pariwisata (KSP). 1. KSP A yang berada di sisi utara dan barat wilayah Kabupaten Magelang, yang meliputi Kecamatan Windusari, Kaliangkrik, Bandongan, Tempuran dan Secang. Di KSP A ini, ikonnya adalah Neval van Java di Dusun Butuh, Kecamatan Kaliangkrik. Namun sebenarnya ada banyak destinasi (objek) wisata lainnya yang dapat kita kunjungi. Diantaranya Mangli Sky View, Air Terjun Curuk Silawe, Silancur Highland, Candi Selogriyo, Taman Pagoda dan Wana Mukti Si guede.

Untuk bisa menikmati seluruh destinasi ini, kita bisa memakai jasa jeep wisata "Sumbing Exsotic" yang banyak disediakan ditempat ini. Ada beragam paketan yang disiapkan. Mulai Paket Sort (pendek), Medium (sedang) dan Paket Long (panjang). Untuk harganya relatif terjangkau. Masing-masing paketan, berbeda-beda tergantung paketan yang diambil. Setelah puas berselancar di kawasan ini, kita bisa berbelanja dan beristirahat di Rest Area Desa Bandongan.


2. KSP B berada disisi Timur Kabupaten Magelang, yang meliputi Kecamatan Grabag, Ngablak, Tegalrejo, Pakis, Sawangan dan Candimulyo. Ada beberapa destinasi yang bisa kita kunjungi. Meliputi, Puncak Telomoyo,Telomoyo Nature Park, Ketep Pass, Tol Khayangan, Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Seloprojo, Embung Sikembang, Candi Umbul, Pinusan Keditan,  Air Terjun Sekarlangit, Telaga Bleder, Grojokan Kapuhan dan lainnya.

Untuk memaksimalkan waktu kita berkeliling ke KSP B ini, kita bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Diantaranya Telomoyo Jeep Explore dan Ketep Jeep Explore. Ada beragam paketan yang disiapkan. Mulai Paket Sort (pendek), Medium (sedang) dan Paket Long (panjang). Untuk harganya relatif terjangkau. Masing-masing paketan, berbeda-beda tergantung jarak dan paketan yang diambil.

Di KSP B ini, juga ada banyak restoran yang menyajikan beragam kuliner lokal dengan view pemandangan alam nan indah. Diantaranya di Cafe Cerita Kita, Omah Kembang, Cafe Latare Ombo dan lainnya.

3. KSP C, terdiri dari Kecamatan Srumbung, Dukun dan Muntilan. Di kawasan ini, kita bisa menyusuri Lereng Gunung Merapi disisi barat. Diantaranya Candi Asu, Candi Sengi, Candi Losari, Candi Gunungsari, Candi Gunung Wukir, Jurang Jero Park, Perkebunan Salak Nglumut, Wisata Ziarah Kyai Raden Santri Gunungpring, Makam Romo Sanjoyo Muntilan, Jembatan Jokowi, dan Desa Wisata Banyubiru serta Taman Dewi Suba Desa Mrangen Srumbung.

Untuk berkeliling ke sejumlah destinasi di KSP C ini, kita juga bisa menggunakan beragam moda transportasi. Salah satunya, jeep jurang jero. Ada beragam paketan disediakan pengelola. Mulai Paket Sort (pendek), Medium (sedang) dan Paket Long (panjang). Untuk harganya relatif terjangkau. Masing-masing paketan, berbeda-beda tergantung jarak dan paketan yang diambil.

4. KSP D terdiri dari Kecamatan Mertoyudan, Mungkid, Borobudur, Ngluwar dan Salaman. Salah satu wisata andalan dan sudah menjadi ikon wisata dunia adalah Candi Borobudur. Namun siapa mengira, dikawasan ini terdapat beragam destinasi yang bisa dinikmati jika Candi Borobudur penuh. Diantaranya, Taman Kelinci Desa Bahasa Ngargogondo, Bukit Rema Gereja Ayam, Puntuk Setumbu, Svarga Bumi, Tumpeng Menoreh, Peras Susu Kambing Etawa, Museum Marmer, Wisata Arung Jeram Sungai Elo dan Progro, Agrowisata Petik Buah Klengkeng Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, Kampung Semar, Susur Sungai Sileng Danau Purba Borobudur, dan menikmati pemandangan Pegunungan Menoreh dari beberapa Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Untuk mengoptimalkan kunjungan kita ke KSP D ini, ada beberapa moda transportasi yang disiapkan. Diantaranya sepeda ontel, andong, jeep Borobudur, mobil VW dan scoorter listrik (Otoped). Untuk harganya, khusus untuk VW, Jeep dan andong, menyesuaikan paketan yang diambil. Pengelola biasanya menawarkan paketan sort, medium dan long. Khusus untuk Otoped, hitungannya per 15 menit Rp 10 ribu. Untuk sepeda onthel, juga ada beragam paketan yang disiapkan pengelola. Termasuk didalamnya paket makan dan minumnya. Kita bisa reques, lokasi makannya. Bisa ditengah sawah atau ditempat-tempat yang diingankan.

Inilah empat KSP yang ada di Kabupaten Magelang. Bagi yang mau berwisata, bisa memilih satu diantara KSP tersebut, atau empat semuanya. Perlu diingat, jika kita ingin puas berwisata di satu KSP, bisa membutuhkan waktu dua hari. Sedang kalau empat KSP, bisa membutuhkan waktu empat hingga enam hari. Tidak perlu kuatir akan menginap dimana selama kita mengekplore empat KSP tersebut. Sebab saat ini sudah banyak penginapan yang disediakan baik oleh masyarakat maupun investor. Mulai dari tenda camping, glamping, homestay hingga hotel berbintang. Tarifnya mulai Rp 100 ribuan hingga jutaan.

Untuk kuliner juga banyak disediakan masyarakat. Ada beragam jenis kuliner yang dapat kita nikmati selama berwisata di empat KSP tersebut. Hampir semua KSP memiliki beragam jenis kuliner khas. Jadi ... selamat berlibur di Kabupaten Magelang.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar