Liburan Sekolah, Nepal Van Java Banjir Pengunjung, Naik 500 Persen

Dilihat 175 kali
Suasana Nepal Van Java saat dipenuhi kabut.

BERITAMAGELANG.ID - Selama libur sekolah, jumlah kunjungan di Nepal Van Java di Dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik meningkat signifikan. Ada peningkatan sekitar 500 persen dibanding hari biasa.


Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan menuturkan, masa libur sekolah membawa berkah bagi sektor pariwisata di Kabupaten Magelang. Termasuk destinasi wisata alam Nepal Van Java.


"Setiap hari, jumlah kunjungannya banyak. Ada peningkatan sekitar 500 persen," bebernya, Selasa (9/7/2024).


Dia menyebut, ada sekitar 500 hingga 1.000 wisatawan setiap harinya. Kunjungan itu didominasi wisatawan dari luar daerah, seperti Semarang, Jakarta, dan lainnya. Sementara di hari biasa, jumlah kunjungannya hanya sekitar 50 - 200 wisatawan.


Lilik menambahkan, meski cuaca masih belum stabil, antusiasme masyarakat untuk berkunjung masih tinggi.


"Harusnya saat ini musim kemarau. Tapi, kayaknya kemarau basah. Jadi, masih sering berkabut dan hujan di sini," katanya.


Untuk itu, dia menyarankan agar wisatawan dapat berkunjung ke Nepal Van Java saat pagi hari. Atau sekitar pukul 07.00 - 09.00 WIB. Karena di jam tersebut, cuaca masih cerah. Dengan begitu, wisatawan dapat menikmati suasana dan pemandangan Gunung Sumbing.


Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Mulyanto menambahkan, beberapa waktu lalu sudah ada edaran agar masing-masing Daya Tarik Wisata (DTW) bisa mengoptimalkan masa libur sekolah.


"Rata-rata DTW di sini memang ada tren peningkatan kunjungan. Termasuk di Nepal Van Java," urainya.


Dia berharap, dengan adanya lonjakan wisatawan ini, dapat memberi manfaat terhadap sektor lain. Seperti pelaku UMKM, jasa, hingga penginapan.


"Sehingga perputaran ekonomi di Kabupaten Magelang semakin meningkat dan bermuara pada kesejahteraan masyarakatnya," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar