Lukisan Budha Dalam "Light Up The Soul" Sebagai Penghargaan Pada Nenek Moyang

Dilihat 2128 kali
Pameran Lukisan "Light Up The Soul" di Limanjawi Art House Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Seniman Borobudur Easting Medi menggelar pameran tunggal yang diberi tajuk "Light Up The Soul". Pameran ini menampilkan 58 karya Medi tentang Sang Budha Gautama.

Pameran berlangsung di Limanjawi Art House Borobudur selama satu bulan kedepan, dari 5 Mei 2023. Sejak dibukanya pameran ini, sudah ratusan penikmat seni rupa yang hadir untuk menyaksikan.

Easting Medi yang ditemui di galeri mengatakan, bahwa dirinya ingin melestarikan candi Borobudur sebagai peninggalan nenek moyang melalui seni rupa. "Sebagai generasi muda, saya ingin melestarikan karya nenek moyang. Semoga apa yang saya perbuat ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain agar lebih kreatif dan edukatif," ujarnya.

Sementara itu, Umar Chusaeni pemilik Limanjawi Art House Borobudur menjelaskan, selaku seniman dirinya ingin menunjukan bahwa pelukis asli Borobudur mengeksplore Borobudur melalui lukisan patung Budha. Hal itu menjadi salah satu pelestarian Borobudur melalui seni rupa. "Bahwa patung Budha di Borobudur itu indah dan cantik," kata Umar.

Menurut dia, Borobudur sangat menginspirasi dan penting bagi pelaku seni yang lain. Bahkan Borobudur merupakan perpustakaan yang bisa diambil ilmunya.

Puluhan lukisan yang dipamerkan ini merupakan karya Easting Medi sejak tahun 2003 hingga sekarang ini. Semuanya tentang Budha dan juga ada relief Borobudur. "Saya berharap pameran ini bisa menjadi inspirasi bagi seniman-seniman lain untuk mengeksplore Borobudur, bahwa Borobudur tidak hanya sekedar candi namun diluar itu banyak seniman yang bisa menyampaikan pesan, edukasi melalui senirupa," ujarnya.

Pameran tentang Budha ini sekaligus menyambut hari raya Umat Budha Tri Suci Waisak yang jatuh di bulan Juni mendatang. 

Plt Kepala Dinas pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein mengatakan, dirinya sangat menyambut baik event yang diselenggarakan Limanjawi Art House. Kegiatan itu menurutnya, tidak lepas dari daya ungkit ekonomi kawasan Borobudur dan sekaligus pembinaan  dalam ekonomi kreatif. Apalagi seni lukis merupakan sub sektor yang menjadi unggulan di Kabupaten Magelang.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar