Meriah! Desa Kaponan Gelar Kirab Budaya HUT ke 78 RI

Dilihat 1249 kali

BERITAMAGELANG.ID - Desa Kaponan, Kecamatan Pakis menyelenggarakan Kirab Budaya dan Karnaval dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Kantor Balai Desa Kaponan, Minggu (20/8/2023).


Semarak kegiatan kirab budaya ini turut dihadiri oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani bersama jajaran Forkompimcam Pakis dan masyarakat Desa Kaponan dan sekitarnya.


Membuka kirab budaya, Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan bahwa, acara kirab budaya dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang diselenggarakan ini, sebagai salah satu bentuk upaya untuk melestarikan budaya adiluhung nenek moyang bangsa Indonesia, utamanya dalam hal ini untuk melestarikan seni budaya di Kabupaten Magelang.


"Pada kesempatan ini, saya menyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia kirab budaya yang telah bekerja keras, penuh semangat, dan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan acara ini," ucap, Zaenal Arifin.


Melalui Kirab Budaya ini, Zaenal mengajak masyarakat untuk merefleksikan semangat para pejuang bangsa, dengan terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta bergotong-royong dalam menjaga nilai-nilai budaya bangsa demi masa depan yang lebih maju.


"Saya juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat Desa Kaponan, untuk terus memupuk semangat kebangsaan dengan meningkatkan kecintaan dan semangat pengabdian pada tanah air," kata, Zaenal Arifin.


Hal senada disampaikan oleh, Kepala Desa Kaponan, Sumento bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan kirab budaya tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahmi warga di Desa Kaponan, sekaligus melestarikan budaya yang ada di Desa Kaponan.


Lebih lanjut, Sumento mengatakan kegiatan Kirab budaya ini merupakan agenda tahunan yang telah berlangsung selama kurang lebih 10 tahun untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.


"Untuk para peserta yang ikut dalam acara kirab budaya tahun ini diikuti sebanyak 18 kelompok yang terdiri dari lembaga pendidikan Paud, TK, SD Negeri/swasta, Mi Negeri, SMP N dan lain sebagainya," bebernya.


Lebih menariknya lagi, pada kirab budaya di Desa Kaponan ini terdapat kirab bendera merah putih sepanjang 130 meter yang ditampilkan oleh Dusun Mulung Malang yang dibawa atau melibatkan sekitar 80 orang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar