One Day Tour Telomoyo-Andong Tawarkan Keindahan Alam Kabupaten Magelang

Dilihat 1710 kali
Rombongan one day tour melintasi ketinggian Gunung Telomoyo

BERITAMAGELANG.ID - Roda mobil berlabel "Jeep Explore Telomoyo" terus melaju membawa 100 orang peserta One Day Tour, setelah dilepas Sekretaris, Gunawan Andi Prihananta, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, dari objek wisata Telaga Bleder Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Kamis (5/10/2023).

One Day Tour bertajuk Eksplor Telomoyo dan Andong tersebut, digelar oleh Bidang Pemasaran Disparpora Kabupaten Magelang. Gunung Telomoyo dan Andong menjadi dua lokasi wisata yang indah di Kabupaten Magelang sisi utara, terletak di Kecamatan Grabag dan Ngablak Kabupaten Magelang.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dari Destinasi Wisata Telaga Bleder di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Rombongan jeep tersebut menelusuri jalan di kaki Gunung Andong dan Telomoyo, dengan menikmati keindahan Telaga Bleder dan spot-spot menarik di sekitarnya. Peserta juga berfoto dan saling mengenal, untuk memperluas jaringan di dunia pariwisata.

Para konten kreator dan admin media sosial juga membuat konten wisata dengan selebgram dan talent-talent lainnya. Setelah itu, diadakan foto bersama di latar belakang Telaga Bleder sebagai lokasi start dan finish acara One Day Tour bertajuk Eksplor Telomoyo dan Andong tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Disparpora Gunawan Andi Prihananta, mewakili Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Mulyanto, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin untuk memasarkan destinasi wisata di Kabupaten Magelang.

"Kali ini, One Day Tour akan mengeksplorasi sejumlah destinasi wisata di Grabag dan Ngablak, yaitu Gunung Telomoyo dan Gunung Andong," katanya.

Diharapkan, dengan adanya acara ini, pariwisata di kawasan Grabag dan Ngablak semakin berkembang dan ramai pengunjung.

"Dan semoga kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin, bahkan setiap dua bulan, untuk meningkatkan promosi wisata," harapnya.

Usai dilepas, rombongan naik jeep yang telah menunggu di area parkir Telaga Bleder untuk melanjutkan perjalanan ke Taman Wisata Banyu Langit Agro Park, Desa Kleteran, Kecamatan Grabag. Para pengunjung dapat menikmati kolam renang dan gazebo serta menikmati makanan. Di lokasi ini juga terdapat area camping ground dengan berbagai paket yang ditawarkan oleh tim.

Meskipun cuaca panas, semangat rombongan tidak surut saat mereka melanjutkan perjalanan ke Puncak Gunung Telomoyo melalui jalur Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, tetap menggunakan Jeep Explore Telomoyo. Pemandangan dari atas Gunung Telomoyo terlihat jelas karena cuaca yang cerah. Gunung Merbabu yang gagah dan Gunung Andong yang indah terlihat dengan jelas.

Rombongan puas dengan pemandangan yang disajikan, meskipun tidak dapat melihat lautan awan karena terlambat naik, hamparan awan dari ketinggian menjadikan pemandangan yang menarik bagi peserta one day tour tahun 2023. Di Gunung Telomoyo, rombongan berhenti sejenak di Awang Awang Sky View Cafe yang terkenal dengan lantai kacanya yang menakjubkan.

Mereka istirahat sejenak di lokasi tersebut sambil menikmati pemandangan. Rombongan juga melepaskan 100 balon udara untuk menambah keseruan di lokasi yang berada di atas awan tersebut. Beberapa puncak gunung terlihat jelas seperti puncak Gunung Andong, Merbabu, Gunung Sumbing, dan Sindoro.

Kemudian, menjelang makan siang, rombongan menuju Sunsetfall Magelang yang juga dikenal dengan Cafe Cerita Kita. Cafe ini masih berada di kawasan Ngablak dan layak untuk dikunjungi. Tidak hanya menyajikan menu istimewa, lokasi cafe ini juga cocok untuk menikmati suasana. Pengunjung bisa menikmati cafe ini, menginap di villa, atau mengadakan acara atau pertemuan di sini.

Setelah makan siang, rombongan merlanjutkan perjalanan menuju destinasi terakhir di bawah Gunung Andong, yaitu Daya Tarik Wisata Pinea Forst Mangli yang berada di desa Girirejo, Kecamatan Ngablak. Di sana, rombongan menikmati hutan pinus yang asri dan istirahat sejenak dengan jargon "Bernafas Bebas Tanpa Batas", artinya,

"Karena hutan pinus berudara sejuk yang penuh oksigen alami," kata Kepala Desa Girirejo, Slamet Riyadi.

Pinea Forest Mangli selain sebagai bumi perkemahan, juga menyediakan fasilitas lain seperti spot foto, area outbound, amphitheater, playground, dan juga kafe serta restoran dengan konsep rumah kaca. Tempat ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan unik yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lain.

Pegiat wisata kawasan Magelang Utara, Mul Budi Santoso, yang akrab disapa Bodrex, mengatakan Pinea Forest Mangli terletak di kaki Gunung Andong.

"Jadi, potensi di tiga gunung (Andong, Telomoyo, Merbabu) dapat dimaksimalkan dengan adanya sejumlah destinasi wisata. Hal ini dapat menarik para peserta One Day Tour," ujarnya.

Menurut Bodrex, Gunung Telomoyo adalah salah satu destinasi yang menonjol.

"Gunung Telomoyo adalah satu-satunya gunung yang dapat didaki menggunakan sepeda motor. Hal ini dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan mendukung perkembangan destinasi wisata di sekitarnya," tambahnya.

Peserta dalam one day tour ini diantaranya anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, Prihadi dan Joko Anariyanto, Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan, S. Ahmad Husen, Direktur Ketep Pass, Mul Budi Santoso, pegiat wisata Kabupaten Magelang, komunitas Pesona Magelang, biro atau travel wisata, general manager dan direktur hotel, tempat wisata, awak media, duta wisata, influencer, selebgram, konten kreator, serta admin media sosial dalam Generasi Pesona Indonesia (GenPI).



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar