Pameran Immersive "Vijnana, Ada Tiada", Refleksi 1.000 Tahun Lebih Candi Borobudur

Dilihat 802 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pameran Immersive Borobudur merupakan bagian dari rangkaian acara "The 8th International Experts Meeting on Borobudur 2023". Pameran yang mengusung tema "Vijnana, Ada Tiada" dilatarbelakangi Candi Borobudur yang berusia lebih dari 1.000 tahun. Apabila tidak ada yang peduli dan tidak memanfaatkan dengan baik sesuai dengan faedah keilmuwan, dikhawatirkan Candi Borobudur menjadi tiada.


Hal tersebut disampaikan Sub Koordinator Perencanaan dan Keuangan Museum Cagar Budaya, Muhammad Iqbal pada saat pembukaan Pameran Immersive Borobudur "Vijnana, Ada Tiada" yang berlangsung di Taman Aksobya Candi Borobudur, Selasa (24/10/2023). 


"Kita pilih tema Vijnana, Ada dan Tiada, kita padukan peninggalan nenek moyang kita yang luar biasa dengan perpaduan teknologi yang ada, yang sebentar lagi akan anda semua saksikan," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menyambut baik Pameran Immersive Borobudur "Vijnana, Ada Tiada". Pameran ini adalah aktualisasi nilai relief Candi Borobudur yang diimplementasikan dalam ragam aktivitas seni budaya yang berbasis edukasi.


"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua, destinasi Candi Borobudur mampu memberikan ruang edukasi nilai sejarah Candi Borobudur yang dikemas secara apik oleh Kemendikbudristek dan Museum Cagar Budaya melalui Pameran Immersive ini. Wisatawan dan masyarakat dapat menjelajah dan menikmati Candi Borobudur dari masa ke masa," ungkap Corporate Secretary PT TWC, AY Suhartanto.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Achmad Husein membuka secara resmi Pameran Immersive Borobudur "Vijnana, Ada Tiada" dengan memainkan mainan tradisional secara serentak bersama tamu undangan dan pengunjung lainnya. Husein berharap pameran ini dapat meningkatkan wawasan tentang arti pentingnya dunia budaya kepada generasi penerus bangsa.


Pameran yang telah melalui riset panjang dengan Kurator Pameran Ignatius Nilu akan dibuka untuk umum pada 25-26 Oktober 2023 pukul 10.00-21.00 WIB. Pengunjung yang dapat memasuki ruangan pameran maskimal 15 orang untuk satu rombongan, sehingga pengunjung yang lain harus menunggu kurang lebih 10 menit terlebih dahulu untuk dapat menikmati pameran dengan fasilitas pemandu yang membuat pengunjung takjub akan narasi cerita Candi Borbudur yang dikemas immersive.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar