Pengelola Objek Wisata Bersiap Sambut Wisatawan Lebaran

Dilihat 1644 kali
Pengelola BPOW Ketep Pass, berbenah sambut wisatawan.

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Magelang terus berbenah dengan menyiapkan segala potensi yang dimiliki, guna menyambut libur lebaran tahun ini. Hal ini seiring dengan diperbolehkannya warga mudik dan menikmati libur lebaran oleh pemerintah.


"Kami menyambut baik kebijakan pemerintah untuk memperbolehkan mudik dan libur lebaran tahun ini. Kita ketahui bersama, selama dua tahun yakni tahun 2020 dan 2021 kemarin, tempat-tempat wisata ditutup seiring masih banyaknya kasus Covid-19. Kini saatnya, mereka (wisatawan) kita sambut dengan pelayanan yang baik dan semaksimal mungkin," kata Ketua Forum Daerah Tujuan Wisata (DTW) Kabupaten Magelang, Edward Alfian, Jumat (29/4).


Meski demikian, ia minta para pelaku dan pengelola objek wisata termasuk resto, untuk mengoptimalkan sarana prasaran protokol kesehatan (prokes). 


"Karena saat ini masih dalam situasi pandemi, sarana prasarana prokes wajib harus disiapkan. Jangan sampai nanti ada klaster baru dari wisata," pintanya.


Disampaikan Edward yang juga Kepala Pemasaran BPOW Ketep Pass ini, para pelaku dan pengelola objek wisata juga diminta meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan forkompincam serta pengelola wisata disekitarnya. 


"Hal ini perlu saya sampaikan, agar tidak terjadi penumpukan dan kemacetan di sejumlah objek wisata. Kalaupun nanti ada penumpukan wisatawan, bisa langsung didistribusikan ke kawasan wisata sekitarnya. Karena itu koordinasi dan sinergitas penting dilakukan," jelasnya. 


Dicontohkan, di Ketep Pass sudah melakukan koordinasi dengan Forkopincam dan pengelola objek wisata sekitar. Bahkan, di Ketep Pass akan didirikan Pospam Lebaran bekerja sama dengan Polsek, Koramil dan Puskesmas Sawangan. Dengan begitu, jika nanti ada penumpukan, wisatawan bisa langsung didistribusikan ke objek wisata disekitarnya, seperti Tol Kahyangan, Air Terjun Kedung Kayang, Grojokan Kapuhan dan Agrowisata Petih Buah Strawberry. Termasuk juga di resto-resto yang dimiliki perseorangan maupun masyarakat/desa.


"Kami juga telah berkoordiasi dengan para pemilik dan pengelola jeep wisata yang ada di sekitar Ketep Pass. Kami berharap, melalui mereka kita bisa menyebarkan wisatawan. Konektivitas ini penting, agar distribusi wisatawan maksimal. Sehingga mereka (wisatawan) akan puas dan nyaman menikmati libur lebaran tahun ini," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar