Rangkaian Hari Pers, Wartawan Magelang Lepas Burung dan Tebar Benih Ikan

Dilihat 883 kali

BERITAMAGELANG.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang menebar benih ikan dan melepas burung di Kali Elo, Jumat (11/2). Benih ikan merupakan bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan, sedangkan burung dari Bawaslu Kabupaten Magelang. Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022.


Sekretaris Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Fahrul Authon, mengatakan benih ikan yang ditebar itu ribuan jenis Beong, Nilem dan Tawes. Ikan yang ditebar di sungai itu bisa menyejahterakan masyarakat. Karena bisa dipancing untuk dikonsumsi sehari-hari. Asal tidak ditangkap dengan alat tidak ramah lingkungan seperti bom dan listrik. 


"Itu bisa dipidana," tegasnya.


Penebaran benih ikan itu di samping untuk meningkatkan populasi, juga untuk penanggulangan kemiskinan. Masyarakat yang miskin tidak mampu membeli, bisa memancing ikan. Apalagi kalau di sungai ada ikan, bisa dipancing.


Itu bisa mengatasi kekurangannya. Karena bisa mencari di sungai. 


"Ikan di sungai dan laut itu bisa dipancing oleh siapa saja tetapi dengan alat yang ramah lingkungan," pesannya.


Pancing dan jaring itu alat yang ramah lingkungan. Tapi kalau dengan racun, bom, atau disetrum, harus dihindari. 


"Ikan yang kami sediakan untuk dipancing oleh masyarakat, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan gizinya," katanya.


Tujuan lain untuk meningkatkan konsumsi ikan. Karena konsumsi ikan di Magelang masih cukup rendah. Di Jateng sudah di atas 37 kilogram/kapita/tahun. Di Magelang masih sekitar 20 kg lebih/kapita/tahun. Jika dibandingkan tingkat nasional lebih jauh lagi karena sudah di atas 51 kg/kapita/tahun.


Fahrul mengapresiasi PWI yang melakukan tebar benih ikan. Itu melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Peterikan.


Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Sholeh, hari ini membantu PWI dalam bentuk Perkutut dan Jalak. Menurut dia, dua jenis burung itu cepat beradaptasi dengan lingkungan, karena liar. 


"Lebih indah ketika alam banyak burungnya," katanya.


Ketua Panitia HPN Kabupaten Magelang Chandra Yoga mengapresiasi semua pihak yang sudah mendukung rangkaian acara hari ini.

"Misi kami adalah untuk membangkitkan kembali sektor usaha pariwisata arung jeram agar kembali bangkit karena terdampak pandemi. Kami ingi mempromosikan kembali agar masyarakat tahu bahwa olahraga ini aman dan turut melestarikan alam," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar