Taman Air Kalibening Kembali Buka Layani Pengunjung

Dilihat 2611 kali
Taman Air Kalibening Secang kembali buka layani pengunjung
BERITAMAGELANG.ID - Taman Air Kalibening di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yang sempat vakum selama hampir 2 tahun akibat pandemi Covid-19, mulai Senin (3/1) kembali dibuka. Taman yang pada umumnya menyajikan wisata air berupa waterboom, ember tumpah, aneka luncuran dan kolam renang ini, untuk pertama kalinya dibuka untuk umum di awal tahun 2022 ini.

"Berdasarkan Inmendagri terbaru nomor 66 Tahun 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru, kami membuka kembali taman rekreasi Kalibening. Namun demikian, kami tetap memberikan beberapa catatan untuk pengelola," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein.

Beberapa catatan itu, kata Husein, diantaranya sarana dan prasarana tempat cuci tangan diperbanyak. Aplikasi PeduliLindungi dan pemeriksaan suhu tubuh, harus ada.

"Kami juga tegaskan, wisatawan yang boleh masuk adalah yang sudah divaksinasi dan mengakses aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, kapasitas pengunjung juga tidak boleh lebih dari 75 persen dari kapasitas maksimal yakni 500 orang," pintanya.

Taman Air Kalibening yang berada di Jalan Secang - Windusari ini, sudah hampir 2 tahun sejak pandemi merebak di Indonesia, ditutup. Hal ini didasari regulasi pemerintah (Inmendagri), terkait penutupan kolam renang dan tempat-tempat wisata air lainnya.

"Dalam Inmendagri lalu itu, tempat wisata air harus ditutup karena potensi penularan Covid-19 melalui air, sangat besar. Dan setelah penurunan kasus terkonfirmasi dan pandemi ini dapat dikendalikan, kami mulai berani membukanya. Ini juga kami dasari pada Inmendagri terbaru," tegasnya.

Meski demikian, Taman Air Kalibening, setiap Senin ditutup.

"Khusus hari ini, karena pembukaan ya kami buka. Dan sudah menjadi SOP di tempat kami, setiap Senin, objek wisata yang kami kelola, ditutup. Hal ini sebagai bagian untuk perawatan dan memberikan kesempatan para karyawan beristirahat," ungkapnya.

Tiket masuk Taman Air Kalibening saat ini Rp 20.500 per orang. Dengan tiket itu, wisatawan sudah mendapatkan asuransi.

"Jam operasionalnya, kami buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar