Taman Wisata Candi Borobudur Kerja Sama Kelola Sampah

Dilihat 1494 kali
Penandatanganan kerja sama pengolahan sampah antara PT TWCB dan Manohara, CBT dan 13 Desa di kawasan Borobudur, Selasa (16/11)
BERITAMAGELANG.ID -  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) menjalin kerja sama dengan Community Based Tourism (CBT) Nusantara dalam pengelolaan sampah. Kerja sama juga melibatkan 13 dari 20 desa yang ada di Kecamatan Borobudur.

Penandatangan kerja sama dilakukan di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Selasa (16/11).

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur dan Manohara, Aryono Hendro Malyanto mengatakan, ke-13 desa yang melakukan penandatangan kerja sama ini, telah memiliki Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R).

Desa-desa yang telah memiliki TPS3R tersebut mengolah sampah dari masyarakat sekitar dan objek wisata candi. Hasil olahan dipasarkan melalui Taman Wisata Candi Borobudur. 

"Asal pupuk organik tersebut hasilnya sesuai standar yang telah ditentukan," kata Aryono.

Ia menambahkan, volume sampah organik yang ada di kawasan wisata Candi dalam sehari bisa mencapai empat ton. Setelah diolah menjadi pupuk organik bisa mencapai 1,2 ton.

Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC Mardijono Nugroho menambahkan, PT. Taman Wisata Candi telah melakukan beberapa kegiatan untuk reaktivasi pengelolaan sampah di zona II Borobudur. 
 
Yaitu dengan melakukan sinergi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kabupaten Magelang dalam pengelolaan sampah.

Selain itu, PT TWC bersinergi juga dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB) dalam melaksanakan pola pengelolaan kebersihan di Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar