'Wedang Jancuk' Minuman Rempah Penambah Imunitas Tubuh

Dilihat 1992 kali
Wedang Jancuk sensasi rempah penambah imunitas di Angkringan Dua Atap Ngluwar Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Mendengar kata "Jancuk" tentunya yang terlintas di benak kita adalah sebuah umpatan, makian, emosi dan sebagainya. Namun, di Angkringan DuaAtap Ngluwar Kabupaten Magelang pengunjung dapat dengan leluasa menggunakan kata "Jancuk" yang berarti minuman berkhasiat bagi kesehatan.


"Di sini boleh bebas menggunakan kata Jancuk, karena Jancuk itu kalau di tempat kami adalah sebuah minuman rempah yang sengaja kami sajikan panas," kata Ria selaku pemilik Angkringan DuaAtap Ngluwar, Jumat (20/8/2021).


Menurut Ria, di angkringannya menyediakan satu minuman khas yang sampai saat ini masih menjadi best seller yaitu Wedang Jancuk, singkatan dari Jahe, Kencur dan Jeruk.


Minuman ini sebetulnya sudah dikonsumsi keluarga dari zaman dahulu. Komposisinya adalah jahe, kencur dan jeruk nipis, biasa diminum ketika malam. 


"Namun, saat itu belum ada namanya, hanya wedang anget gitu saja," ungkapnya.


Ria melanjutkan, nama Wedang Jancuk itu muncul setelah seorang sahabat yang kebetulan mampir di angkringannya menyarankan untuk memberi nama minuman tersebut. Karena terbuat dari bahan jahe, kencur dan jeruk maka diambillah nama Wedang Jancuk.


"Pembuatannya mudah, cukup jahe dan kencur diiris tipis, kemudian dimasukkan ke gelas bersama dengan perasan jeruk nipis. Gulanya kita selalu pakai gula batu," terangnya.


Setelah semua bahan tersebut ditaruh di gelas, kemudian diseduh dengan air mendidih. Untuk alat pengaduknya, Ria tidak menggunakan sendok seperti pada umumnya, namun menggunakan batang serai yang ujungnya dibelah.


"Mengaduk menggunakan serai itu nanti akan menciptakan aroma khas di samping juga rasa hangat yang ditimbulkan," ungkapnya.


Setiap hari, pelanggan yang datang ke Angkringan Dua Atap tidak lupa selalu memesan wedang Jancuk miliknya. Terlebih pada kondisi pandemi Covid-19. Menurut beberapa pelanggan minuman tersebut selain menyegarkan badan juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.


"Ada yang pernah memesan wedang Jancuk ini menggunakan es, namun kami tidak layani karena dari awal keluarga kami mengkonsumsi minuman ini selalu dalam kondisi panas," tambah Ria.


Bahan rempah diperoleh mudah di setiap pasar tradisional. Satu gelas Wedang Jancuk dengan gula batu di Angkringan DuaAtap Ngluwar miliknya dijual Rp6.000 per gelasnya. Menurutnya harga yang relatif murah untuk sebuah kehangatan.


"Akan lebih hangat ketika dinikmati bersama pasangan," candanya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar