2.762 Nakes Kabupaten Magelang Mulai Divaksin Booster Kedua

Dilihat 1168 kali
Vaksinasi booster ke 2. untuk tenaga kesehatan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang mulai menggelar vaksinasi booster kedua covid-19 bagi tenaga kesehatan. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Bela Pinarsi mengatakan, pelaksanaan booster ke 2 ini sudah dimulai sejak 5 Agustus kemarin dengan target sasaran sekitar 2.762 tenaga kesehatan baik negeri maupun swasta. Mengingat, SDM Kesehatan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Kesadaran tenaga kesehatan untuk mendapat vaksin booster ke 2 ini sangat tinggi. Hal itu ditunjukan dengan jumlah Nakes yang sudah mendaftar untuk divaksin. Namun karena stok vaksin yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang terbatas maka teknis pelaksanaan dilakukan secara bertahap.

"Kesadaran para Nakes bagus yang swasta dan negeri sudah mendaftarkan minta di vaksin. Tapi ketersediaan vaksin kita pastinya menunggu ketersediaan dari provinsi. Secara bertahap akan selalu dikirim dan pelaksanaannya dilakukan secara bertahap," kata Bela dikantornya Rabu (10/08/2022).

Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang saat ini mendapat alokasi vaksin 1.120 dosis dan jumlah itu dapat ditambah sewaktu waktu.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang juga masih terus melakukan vaksinasi booster 1 untuk masyarakat. Untuk mengejar target itu pihak Dinkes juga membuka layanan di Puskesmas dan pusat perbelanjaan setiap hari. Upaya lain yakni saat kegiatan yang banyak didatangi warga seperti moment 17 Agustusan.

Dijelaskan Bela masyarakat berpendapat vaksin 1 dan 2 sudah cukup. Padahal Covid belum 100 persen hilang sehingga masih dibutuhkan vaksin booster bagi masyarakat. Maka dari itu pelayan dan sosialisasi terus dilakukan agar masyarat mau vaksin booster. 

"Masyarakat silahkan datang ketempat pelayanan kesehatan masyarakat untuk pelayanan booster agar imun terbentuk dan terhindar dari Covid 19," harapnya.

Disisi lain, lanjutnya, selain harus mengejar target booster, tenaga kesehatan juga menjalankan Program Bulan Imunisasi Anak (BIAN) bulan Agustus ini. Semua Puskesmas saat ini mengejar target imunisasi anak yang sebelumnya sempat terkendala akibat pandemi 19 harus selesai di bulan Agustus ini.

"Jadi teman-teman Puskesmas baru mengejar booster yang pertama untuk masyarakat, BIAN dan selain itu mereka juga menjadi sasaran divaksin booster ke 2," ungkapnya.

Meski demikian Bela menjamin semua pelayanan kesehatan kepada masyarakat disemua fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Magelang tetap berjalan normal. 

Sementara itu untuk pelaksaan vaksinasi booster ke 2 hanya di gelar di Rumah Sakit Merah Putih dan Rumah Sakit Muntilan dengan prioritas yang sudah mendaftar. Namun jika dibutuhkan vaksinasi dapat dilakukan di tempat lain.

"Targetnya vaksin booster selesai Agustus. Tapi bersamaan dengan kegiatan BIAN yang luar biasa ini, kami juga menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin," ujarnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar