Gegara Cuaca Ekstrim Dua Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Dilihat 565 kali
terimpa pohon. (foto BPBD)

BERITAMAGELANG.ID-Dua rumah warga Kabupaten Magelang rusak tertimpa pohon yang diterjang angin kencang dan hujan lebat yang terjadi pada hari Minggu 21 April 2024 jam 14.30 siang.


Peristiwa bencana yang terjadi karena cuaca ekstrim itu dilaporkan oleh seorang anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Magelang, Sutikno, dan mengakibatkan dua rumah milik Mindi dan Suyatman mengalami kerusakan.


Dilaporkan dua rumah itu merupakan rumah milik warga Dusun Putat, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam yang di huni 2 KK dengan 6 jiwa itu.


Bencana yang terjadi bermula dari hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang yang terjadi di Desa Kadiluwih pada pada Minggu (21/04/2024) siang mengakibatkan pohon tumbang menimpa 2 rumah tersebut.


Gerak cepat telah dilaksanakan dengan melakukan koordinasi dengan Pemdes setempat. Kerja bakti pemotongan dan pembersihan pohon tumbang dilaksanakan  oleh BPBD, TNI, POLRI, Relawan dan warga setempat. Hingga peristiwa itu dilakkukan kerja bakti telah selesai dilaksanakan.


Berdasarkan data dari BPBD selama sepekan sejak tanggal 14 hingga 21 April 2024 terjadi 7 kejadian yang didominasi oleh bencana cuaca ekstreen dan 1 kali bencana tanah longsor yang terjadi Dusun Gumuk Desa Treko Mungkid. Adapun bencana Cuaca ekstrim yang terjadi di Kecamatan Sawangan sebanyak 5 kejadian dan   dan 1 kejadian cuaca ekstreem di selomirah Desa Banyudono Kecamatan Dukun.


Meski bencana cuaca ekstreem mendominasi kejadian dalam seminggu terakhir namun sepanjang bulan April 2024 didominasi kejadian bencana tanah longsor sebanyak 16 kejadian, cuaca ekstreem 7 kejadian dan bencana lain lain 1 kejadian.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar