Waduh .... Hari Ini Tambah 16 Pasien Positif

Dilihat 10984 kali
Rumah Sakit Merah Putih

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 16 warga yang delapan diantaranya berasal satu keluarga dari Kecamatan Grabag dan Windusari, Kabupaten Magelang, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (11/9/2020). Meski demikian, hari ini ada lima pasien positif yang dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya negatif. Dengan tambahan 16 baru dan 5 sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positifnya menjadi, 323 orang. Terdiri dari 21 dirawat, 43 menjalani isolasi mandiri, 250 sembuh dan sembilan meninggal.


"Untuk satu keluarga di Grabag itu, terdiri dari perempuan usia 51 tahun dan laki-laki usia 60, 22, 18 serta 13 tahun. Sedang yang dari Kecamatan Windusari, terdiri dari perempuan usia 57, 25 dan 29 tahun serta laki-laki usia 34 tahun. Dua keluarga ini terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk yang lain, terdiri dari dua perempuan usia 41 dan 16 tahun dari Mertoyudan. Kemudian, tiga perempuan lagi usia 50, 17 dan 29 tahun, dari Borobudur, Salaman dan Windusari. Untuk lainnya, berjenis kelamin laki-laki usia 46, 22 dan 49 tahun dari Ngluwar, Grabag dan Kajoran. Sedang untuk pasien positif yang sembuh itu, dua diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan masing-masing satu pasien dari Kecamatan Dukun, Ngablak dan Mungkid," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magepang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara sebaran pasien positif Covid-19 per kecamatan diwilayah ini, kata Nanda, saat ini ada 16 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19 diwilayah ini. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 22 orang. Kemudian Kecamatan Windusari dan Grabag, masing-masing dengan 7 orang. Selanjutnya, Kecamatan Borobudur dengan 5 orang dan masing-masing tiga orang dari Kecamatan Bandongan dan Secang. "Untuk Kecamatan Salaman, Kajoran, Muntilan, dan Ngablak, masing-masing ada dua pasien. Sedang di Kecamatan Mungkid, Tempuran, Srumbung, Pakis dan Candimulyo, hanya ada satu pasien," jelasnya.


Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada lima tambahan baru. Dua diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan masing-masing satu dari Kecamatan Sawangan, Grabag dan Secang. "Saat ini juga ada dua PDP yang alih status menjadi pasien positif. Yakni dari Kecamatan Ngluwar dan Salaman. Meski demikian, saat ini juga ada dua PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Grabag dan Secang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar