Belasan Kios di Pasar Pucang Dilalap Jago Merah

Dilihat 1195 kali
Petugas damkar berusaha menyisir setiap kios di Pasar Pucang agar tidak ditemukan titik-titik api lainnya.

BERITAMAGELANG.ID - Sedikitnya belasan kios di Pasar Pucang, Secang terbakar setelah dilalap jago merah. Kejadian itu terjadi pada Jumat (15/12/2023) sekitar pukul 17.30. Kurang dari satu jam, api berhasil dipadamkan berkat kesigapan dari Tim Damkar Kota dan Kabupaten Magelang.


Kebakaran terjadi diduga akibat adanya korsleting listrik. Beruntung, dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa. Warga pun memadati lokasi dan arus lalu lintas sempat dialihkan. Hanya saja, belum diketahui pasti jumlah kerugian materiil dari kejadian tersebut.


Saksi mata sekaligus penjaga pasar Miadi (61) melihat api di Pasar Pucang saat dia bersama sang istri hendak berangkat ke musala sekitar pukul 17.30. "Saya lewat sekitar pukul 17.30-an. Tahu-tahu, ada api yang besar dari dalam (pasar). Terus warga juga berdatangan," ujarnya saat ditemui di lokasi.


Miadi tidak tahu persis sumber api tersebut. Namun, api itu semakin membumbung tinggi. Warga pun sigap menghubungi petugas damkar dan berhamburan menuju lokasi setelah musala mengumumkan kebakaran di Pasar Pucang. 


Sementara itu, Kepala UPT Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Magelang Edy Priyanta menuturkan, pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran sekitar pukul 17.58. Saat itu, api memang sudah besar dan nahasnya sudah melalap belasan kios di dalam pasar.


Api itu, kata dia, berhasil dipadamkan kurang dari satu jam usai mengerahkan 14 mobil damkar dari Kota dan Kabupaten Magelang. "Kira-kira yang terbakar ada 10-15 kios. Kami masih melakukan pendataan. Kalau dugaan awal, (api itu) berasal dari arus pendek atau korsleting listrik," jelas dia. 


Edy menyebut, selama pemadaman, tidak ditemui kendala berkat kesigapan dari warga yang ikut membantu dan mengamankan beberapa barang di sejumlah kios. Termasuk tabung gas. "Kerugian secara materiil, belum kami data secara keseluruhan," sambungnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar