Dibenahi, Nepal Van Java Tutup Sementara

Dilihat 3257 kali
Nepal Van Java Kaliangkrik, mulai Senin (19/20/2020) ditutup sementara untuk dilakukan pembenahan

BERITAMAGELANG.ID - Daya Tarik Wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, akan ditutup sementara. Penutupan hingga sampai batas waktu yang belum ditentukan ini, mulai berlaku pada Senin (19/10/2020).


“Kami akan melakukan pembenahan untuk kenyamanan para wisatawan yang datang nantinya," kata Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, Minggu (18/10/2020).


Lilik menjelaskan, pemberitahuan penutupan sementara itu dituangkan melalui Surat edaran (SE) Pengelola Wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java", pada Kamis (15/10/2020). 


Dalam SE nomor 02/NVJ/X/2020 di tulis, bahwa pengelola menyampaikan kegiatan wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java" Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang ini, akan dilakukan penutupan sementara.


Menurut Lilik, pengelola NVJ dan masyarakat mulai Senin akan kerja bakti melakukan revitalisasi seperti relokasi dari bahu jalan ke tempat khusus, demi kenyamanan pengunjung dan pengguna jalan. Juga untuk penertiban retribusi. Namun di sisi lain juga untuk menjaga kerapihan. Khususnya tempat parkir, akan diperluas sehingga wisatawan tidak kesulitan mencari lokasi parkir, baik itu roda dua maupun empat. 


Seperti diketahui, Dusun Butuh yang terletak di lereng Gunung Sumbing menjadi viral beberapa bulan terakhir ini, karena keindahan alamnya. 


Dusun tertinggi di Kaliangkrik ini mulai dikunjungi ribuan wisatawan yang kini lebih suka dengan alam, terutama di musim pandemi Covid-19. 


Dusun ini memiliki keeksotikan tersendiri, karena deretan rumah yang tersusun rapi mirip sekali dengan yang ada di Nepal, sehingga banyak yang menjuluki sebagai Nepalnya Jawa Tengah atau Nepal Van Java. 


Dusun ini juga menjadi salah satu basecamp pendakian gunung Sumbing. Selain keindahan deretan rumah, dusun ini juga subur. Banyak tanaman holtikultura yang ditanam, terutama daun loncang, kentang, kol maupun wortel dan sawi.


Meski ditutup sementara, wisatawan yang sudah terlanjur datang ke lokasi ini tidak perlu kecewa. Karena di dekat dusun Nepal Van Java juga ada lokasi wisata baru yang diberi nama "Watu Susu, Majalengkanya Magelang". 


Daya Tarik Wisata yang terletak di dusun Nampan Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran. Lokasinya berada di sebelah barat Dusun Butuh. Di sini, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang tidak terkira. 


Bentangan alam dengan kesuburan tanah yang ditanami holtikultura, ditambah cuaca yang sejuk akan menjadi sensasi  tersendiri bagi wisatawan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar