Dukung KSPN Borobudur, Pemkab Magelang Siapkan Lokasi Daya Tarik Wisata Malam

Dilihat 1026 kali
WISATA MALAM. Simpang Mendut salah satu titik berpotensi sebagai lokasi wisata malam, akan digaram dalam program KSPN Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Terkait program pemerintah pusat dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, akan mempersiapkan titik daya tarik wisata malam.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengatakan, program tersebut masih berkaitan dengan KSPN, dimana perlunya menyediakan lokasi wisata malam yang sifatnya bukan Car Free Night.

"Kalau Car Free Night itu harus menutup jalan, oleh karenanya perlu ada titik daya tarik wisata malam hari selain Car Free Nigth. Lokasi yang ideal adalah di simpang Mendut yang memang sudah mempunyai potensi kearah tersebut," ucap Husein, Senin (3/10/2022).

Adapun Simpang Mendut yang dimaksud meliputi dari Taman Anggrek, Taman Rekreasi Mendut, Museum Widayat dan Lapangan drh Soepardi. Dimana sepanjang jalan tersebut bisa dilakukan penguatan wisata malam.

"Sudah ada potensi Kuliner, olahraga wisata dan senibudaya, termasuk sudah ada tempat parkir dengan kapasitas 200 kendaraan. Hal tersebut nantinya bisa menjadi pilihan lokasi wisata malam, dan juga tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut," terang Husein.

Husein menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang saat ini membantu mempersiapkan perencanaannya, menginggat anggaran program tersebut dari pusat.

"Program tersebut masuk dalam Perpres nomor 79, dimana anggaran dari pusat bukan APBD. Dan Pemda siapkan perencanaan saja," jelas Husein.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar