Komunitas Fotografi Jumputan Bantu UMKM Promosikan Produk Secara Gratis

Dilihat 1185 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengapresiasi komunitas fotografi Jumputan karena turut andil bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota Magelang dalam memajukan dan memasarkan produk UMKM secara gratis melalui foto.


Bupati mengatakan, Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan yang begitu besar dan cepat, sehingga memaksa masyarakat khususnya para pelaku UMKM untuk berinovasi agar bisa tetap bertahan.


"Ke depan, melalui Dinas Perdagangan nanti kita juga akan memperkenalkan para pelaku UMKM dengan Tokopedia dan yang lainnya, sehingga nanti masyarakat mau belanja bisa melalui Tokopedia tapi produknya dari UMKM kita," kata Bupati saat menerima Audiensi komunitas Jumputan di Ruang Mendut, Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (20/4/2021).


Menurut Bupati, banyak produk UMKM dari Kabupaten Magelang yang cukup menarik, namun demikian masih ada kendala di packagingnya sehingga masih butuh banyak pendampingan.


Ia berharap dengan adanya komunitas Jumputan ini, nantinya bisa ikut berkontribusi dalam memasarkan UMKM terutama melalui visualisasi produk.


"Sekali lagi kami sangat menyambut niat baik dari komunitas Jumputan ini, semoga kegiatan dari komunitas ini juga bisa bernilai ibadah," pungkas Zaenal.


Ketua Jumputan (Jumat Motret Produk Gratisan), Desi Ria Listiowati menjelaskan, komunitasnya peduli dengan UMKM dan hadir sejak masa Pandemi Covid-19.


Menurutnya, selama pandemi, rekan-rekan UMKM mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya karena harus beralih dari pemasaran konvensional menjadi online.


Hal ini akhirnya memunculkan ide gagasan bagi komunitas Jumputan untuk berkontribusi lebih banyak kepada teman-teman UMKM di Kabupaten Magelang. Salah satunya dengan memberikan fotografi produk UMKM secara gratis untuk membantu pemasarannya.


"Supaya temen-temen pelaku UMKM ini bisa lebih terdukung dengan adanya foto produk yang lebih menarik," jelas Desi.


Lebih lanjut, Desi berharap komunitas Jumputan ini nantinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang, terutama agar para pelaku UMKM bisa memanfaatkan jasa komunitas tersebut secara gratis.


"Meskipun jasa kita gratis, kita akan memberikan fasilitas dengan semaksimal mungkin dengan kemampuan kita," katanya.


Desi mengatakan, kegiatan memotret berbagai macam produk UMKM ini hanya dilakukan setiap hari Jumat saja dengan harapan tidak mematikan kinerja teman-teman fotografer komersil yang lain.


Selain itu, komunitas Jumputan ini juga memberikan pelatihan fotografi kepada para pelaku UMKM pada umumnya. Apalagi sekarang ini, di era digitalisasi hampir semua orang memiliki gadget sehingga bisa membuat visualisasi produk dengan memaksimalkan gadgetnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar