"Konco Keroncong" Bangun Kepedulian Musik Tradisi Masyarakat

Dilihat 187 kali

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Musik Nasional, Yayasan Atma Nusvantara Jati (ATSANTI Foundation) menyelenggarakan Pagelaran Musik Keroncong yang merupakan puncak kegiatan Atsanti Music Camp (AMC). Kegiatan ini mengangkat tema "Konco Keroncong". Kegiatan yang berlangsung pada 1-3 Maret 2024 di Bhumi Atsanti, Borobudur berupaya untuk meningkatkan kepedulian dan memperkenalkan musik tradisi kepada masyarakat, terutama oleh generasi muda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Achmad Husein memberikan apresiasi kepada ATSANTI Foundation yang telah memprakarsai kegiatan ini. Kegiatan yang dapat dipandang dari dua sisi, yaitu sisi pelestarian dan sisi ekonomi kreatif terkait dengan seni pertunjukkan. Kedua sisi tersebut merupakan bentuk sinergitas yang bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat Borobudur.


"Untuk mendukung kegiatan saya mengajak bidang pendidikan untuk ikut andil sehingga satuan pendidikan beperan serta dalam pelestarian dan pengembangan musik keroncong sehingga menambah gairah dan semangat untuk pelestarian ke depan," ujar Husein pada acara Malam Puncak Pagelaran Musik Keroncong di Bhumi Atsanti, Dusun Bumi Segoro, Desa Borobudur Kabupaten Magelang, Minggu (3/3/2024).

Husein menambahkan, Atsanti Music Camp sejalan dengan program P5 yaitu Penguatan Program Profil Pelajar Pancasila mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, sehingga kegiatan semacam ini menjadi celah untuk memasukkan muatan-muatan lokal yang kita miliki ke depannya.

Ketua ATSANTI Foundation, M.F. Nilo Wardhani menyebutkan Atsanti Music Camp (AMC) merupakan aktualisasi dari misi ATSANTI Foundation untuk menjadi jembatan, wadah dan wahana bagi edukasi dan ekspresi para pelaku seni budaya, komunitas, sanggar, sekolah dan perguruan tinggi.

"Kegiatan ini didukung oleh berbagai institusi pemerintah maupun swasta untuk bersinergi membangun ekosistem yang kondusif bagi tumbuhnya ruang-ruang edukasi, kreasi, ekspresi dan networking bagi para pelaku, pemerhati dan penikmat musik tradisi, khususnya musik keroncong, yang melibatkan lintas generasi," terangnya.

Atsanti Music Camp dibuka pada Jumat, 1 Maret 2024 oleh Camat Borobudur, Subiyanto, sekaligus membuka sarasehan. Peserta AMC adalah para pemula atau mereka yang ingin lebih mendalami keroncong, berjumlah lebih dari 30 orang yang berasal dari berbagai kota mulai dari Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surakarta, Ponorogo, serta Magelang. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar