Pasar Ngablak Dipadati Pengunjung Jelang Idulfitri

Dilihat 390 kali

BERITAMAGELANG.ID - Menjelang Idulfitri, pengunjung di Pasar Ngablak meningkat, Senin (8/4/2024). Para pengunjung menyerbu toko yang menjual pakaian, kue kering, dan kebutuhan  pokok lainnya. Kepadatan pengunjung sesekali membuat lalu lintas di depan pasar Ngablak tersendat. Meski sudah siang, terlihat pengunjung masih melihat-lihat pakaian di area pasar.


Salah satu pedagang pakaian bernama Ida Rohyani (36) mengatakan, hal semacam ini lumrah menjelang Idulfitri. Pengunjung akan lebih ramai dibanding biasanya. 


"Begini nih contohnya kalau sudah mau lebaran, ya kayak gini, lebih ramai," kata dia.

"Kalau sudah menjelang Lebaran (meningkat). Kalau hari biasa nggak segini pengunjungnya, sepi malah," imbuhnya.


Dia mengaku pendapatannya meningkat menjelang lebaran. Saat menjelang lebaran, keramaian pengunjung tak hanya terjadi di akhir pekan, melainkan di hari biasa.


"Alhamdulillaah naik juga omzetnya. Ada saja yang beli kalau mau lebaran, tapi kalau hari biasa satu-satu aja, hari libur juga sama. kalau mau lebaran seperti ini pengunjungnya ramai," ucapnya.


Pedagang sayuran dan kebutuhan pokok, Sri Wahyuni (38), mengatakan keramaian pengunjung akan terus meningkat. Hingga nanti puncaknya pada saat mendekati hari Lebaran Idulfitri. Sri Wahyuni menyebut pengunjung tak tentu membeli banyak atau sedikit. Namun yang terpenting menurutnya, dagangannya ada yang membeli.


Sementara itu, salah satu pengunjung, Ngatini (31) menyebut sudah biasa membeli pakaian dan kebutuhan pokok di Pasar Ngablak menjelang Idulfitri. 


“Sudah biasa beli di sini kalau mau lebaran, beli pakaian anak sama baju muslim buat Lebaran," kata warga asal Desa Jogonayan Kecamatan Ngablak.


Meskipun toko toko modern menjamur hampir di setiap tempat, pasar tradisional seperti Pasar Ngablak masih menjadi favorit masyarakat di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang untuk berbelanja segala kebetuhan pokok, apalagi menjelang lebaran masyarakat berbelanja membeli pakaian lebaran, kebutuhan pokok seperti beras, sayur, ayam, daging sapi dan lain-lain.


Pasar tradisional seperti pasar Ngablak dan pasar tradisional lainnya di Kabupaten Magelang mempunyai daya tarik tersendiri dimana warga dapat melakukan tawar menawar harga, berjumpa dengan pembeli dan sekaligus berjalan-jalan bersama anak atau saudara untuk berbelanja.


Meskipun sekarang toko online dan toko modern begitu menjamur, pasar konvensional atau pasar tradisional masih menjadi pilihan untuk didatangi karena banyak pilihan barang. Pasar tradisional merupakan tonggak perekonomian warga masyarakat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar