Pemkab Pasuruan Studi Tiru Pengembangan Balkondes di Kabupaten Magelang

Dilihat 1519 kali
Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi saat menerima kunjungan studi tiru dari Rombongan Pemerintah Kabupaten Pasuruan di Balkondes Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati diwakili Plt. Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam rangka pengembangan Balkondes Borobudur. Acara tersebut berlangsung di Balkondes Borobudur, Kecamatan Borobudur, Selasa (23/5/2023).


Ketua rombongan sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko menyampaikan, kunjungan Pemkab Pasuruan di Kabupaten Magelang kali ini dalam rangka ingin belajar satu hal, yaitu tentang Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang ada di Kabupaten Magelang.


"Ini dalam rangka upaya kami menindaklanjuti pertemuan-pertemuan sebelumya dimana fokus kita dalam rangka upaya peningkatan dunia kepariwisataan khususnya yang ada di Kabupaten Pasuruan," ungkap Yudha.


Menurutnya, kunjungan ini akan menjadi proses pembelajaran, khususnya kepada Camat serta Kepala Desa di Kabupaten Pasuruan tentang bagaimana proses berdirinya Balkondes di Kabupaten Magelang sampai sejauh ini yang nantinya akan diadopsi oleh Kabupaten Pasuruan.


"Konsep Balkondes ini saya kira sangat memungkinkan untuk bisa kita implementasikan di Kabupaten Pasuruan dengan kearifan lokal yang ada dan bisa ditumbuh kembangkan di Pasuruan," katanya.


Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyambut baik kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Ia menyampaikan kunjungan ini disamping sebagai silaturahmi, juga akan menambah wawasan bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui pengelolaan Pemerintahan yang baik, khususnya dalam meningkatkan kemampuan sekaligus mengelola potensi ekonomi desa. 


Lebih lanjut, Nanda menjelaskan bahwa Kabupaten Magelang merupakan salah satu dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, yang beribu kota di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, serta memiliki luas wilayah 108.573 Hektare yang terletak di ujung selatan Provinsi Jawa Tengah dan merupakan daerah perlintasan antar Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


Melihat kondisi geografis tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang terus berupaya menggali sumber-sumber yang dapat mensejahterakan masyarakat dan juga selalu terbuka untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya mendorong pembangunan di daerah yang berkelanjutan, salah satunya melalui kegiatan studi tiru ini. 


"Balkondes merupakan sebuah program bentukan Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) yang diluncurkan pada Tahun 2017, dan memiliki fungsi sebagai etalase bagi perekonomian daerah yang diharapkan mampu memberikan ruang bagi Pemerintah Desa maupun masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di Desa," jelas, Nanda.


Di Kabupaten Magelang sendiri, khususnya di Kecamatan Borobudur terdapat 20 Balkondes di tiap desa yang sudah berkembang lebih dari 5 tahun ini. Masing-masing Balkondes mengalami perkembangan yang berbeda satu dengan lainnya, dan Balkondes Borobudur menjadi salah satu Balkondes yang berkembang sangat pesat, sehingga tidak berlebihan bila Balkondes Borobudur menjadi tempat yang banyak diminati oleh wisatawan atau pengunjung.


"Melalui kunjungan studi tiru dari Pemkab Pasuruan ini, saya berharap seluruh OPD terkait di Kabupaten Magelang yang pada kesempatan hari ini hadir, untuk senantiasa memberi pelayanan terbaiknya dalam memberikan informasi maupun data penunjang yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar