SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Gelar Pentas Seni

Dilihat 1354 kali
Salah satu penampilan seni budaya di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan

BERITAMAGELANG.ID - SMA Muhammadiyah 1 Muntilan kembali menggelar kegiatan pentas seni (pensi) setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Edy Yusuf menyampaikan pentas seni ini sebenarnya masuk ke dalam salah satu mata ujian untuk kelas XII. Tahun ini total enam kelas XII yang wajib melakukan pementasan.


"Yang membedakan dengan pensi tahun kemarin, tahun ini kami mengadakan pameran sesuai dengan kurikulum merdeka yang harus ada project untuk kelas X dan XI. Sekaligus untuk syiar melalui seni, menggandeng sekolah-sekolah yang ada di sekitar Muntilan baik TK, SD/MI, SMP, MTs," ujarnya, Kamis (26/1/2023).


Tahun ini pihaknya mengusung tema Pensi Baku 2 (Pentas Seni Bangkit Indonesiaku Tahun Kedua). Kegiatan tersebut diikuti total 31 sekolah dan madrasah di sekitar Muntilan yang turut serta memberikan kontribusi dengan penampilan tari dan seni budaya. 


"Pensi sempat terhenti dua tahun karena ada corona, akhirnya kita bangkit lagi. Kemarin tahun pertama dan ini tahun kedua. Kita terus berkomitmen sehingga kita bisa syiar melalui seni dan budaya," imbuh Edy.


Rencananya, pentas seni yang berlangsung selama dua hari mulai 25-26 Januari 2023 tersebut menghadirkan grup kesenian Topeng Ireng Sekar Rimba. 


Kepala Bidang Kebudayaan pada Disdikbud Kabupaten Magelang, Mantep, turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya merasa sangat bangga dan senang karena kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi generasi penerus untuk melestarikan budaya dan tradisi.


"Sekolah yang ada di Kabupaten Magelang bisa berbasis budaya karena budaya yang ada di sini nanti akan membuat anak-anak ini berkarakter, berbudi pekerti, tata krama, dan sopan santun akan lebih tinggi. Sehingga ke depannya anak-anak menjadi anak yang pintar dan berkarakter," harapnya.


Kegiatan pentas seni yang diramaikan pameran kuliner, lifeskill, dan kewirausahaan ini juga dihadiri perwakilan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Kapolsek Muntilan, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Muntilan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar